Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Merek Rinso Pada Santri Putri PP. Roudlotul Qur’an Darul Falah 3

Authors

  • Nur Zayyinatul Laili Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tony Seno Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Winaika Irawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5312

Keywords:

Green Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian deterjen merek Rinso pada santri putri PP. Roudlotul Qur’an Darul Falah 3. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden adalah sejumlah 30 dipilih dengan simple random sampling. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hipotesis diuji dengan uji t dan uji F. Penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial dan simultan green marketing dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian deterjen merek Rinso pada santri putri PP. Roudlotul Qur’an Darul Falah 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghozali, H. H. B., & Purwanto, B. A. (2019). Green Product, Saluran Distribusi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. JBE, 26(1), 49–57.

Ariestya, A. (2020). Riset awal tunjukkan nilai kesadaran perubahan iklim Gen-Z di Indonesia sangat tinggi. The Conversation. https://theconversation.com/riset-awal-tunjukkan-nilai-kesadaran-perubahan-iklim-gen-z-di-indonesia-sangat-tinggi-150958

Auliyana, L. (2020). Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Rabbani (Studi Kasus Outlet Rabbani Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 2(1), 216–232.

Dewi, K. A. A., & Aksari, N. M. A. (2017). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6029–6060.

Fadilla, R. I., DPW, I. A., & Damayanti, R. (2019). Analisis Produk, Brand Image, dan PackagingTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Roti Wonder Bakery di Surakarta. Edunomika, 03(01), 67–73.

Guspul, A. (2018). Pengaruh Strategi Green Marketing pada Bauran Pemasaran dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus pada Cub “Sehatway” di Wonosobo). Jurnal PPKM I, 107–122.

Izzani, T. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Love Beauty Planet (Studi Kasus Di Giant Pasar Minggu). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2), 150–157.

Jamira, A., & Yandi, A. (2019). Peran Customer Value dalam Memediasi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(2), 392. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i2.124

Jayanti, R. D., & Putri, S. K. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario. JMD: Jurnal Manajemen Dan Bisinis Dewantara, 2(2), 113–123.

Kiftiah, T., Tarigan, E. D. S., Sahir, S. H., & Siregar, D. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware di Jalan Setia Budi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 3(2), 203–217.

Nashrulloh, M. A. H., Budiantono, B., & Wulandari, W. (2019). Analisis Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Led Philips (Studi Pada Konsumen Di Desa Kesiman Kecamatan Trawas). Ciastech, Ciastech, 1–10.

PBB. (2022). Penyebab Dan Dampak Perubahan Iklim. Perserikatan Bangsa-Bangsa. https://indonesia.un.org/id/175273-penyebab-dan-dampak-perubahan-iklim

Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik Melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 713–722.

Rahmatika, T., Setiawati, E., & Aprianti, D. I. (2021). Pengaruh Green Marketing, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Ades di Samarinda. Oikonomia Borneo (OBOR), 03(2), 92–100.

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.

Siswanty, Y. E., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar (Studi Pada Konsumen Wanita Sariayu Martha Tilaar Yang Berada Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 380–388.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi.

Unilever. (2022). Setiap U Beri Kebaikan. Unilever. https://www.unilever.co.id/brands/setiap-u-beri-kebaikan/

Yasmeri, J. A. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Organik Chicken Cabang PT.Elha Narita Perkasa Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP, 8(2), 1–12. https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/30973

Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy dan Emotional Desire terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 69–79.

Zaky, M. H., & Purnami, N. M. (2020). Green Marketing Mix Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Big Tree Farms di Lotus Food Services. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 678.

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

Laili, N. Z., Aji, T. S., & Irawati, W. (2023). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Merek Rinso Pada Santri Putri PP. Roudlotul Qur’an Darul Falah 3. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(1), 97–106. https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5312

Issue

Section

Articles