Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe Arlins Food & Coffe

Authors

  • Andre Eka Prasetyo Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Rohmad Prio Santoso Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5293

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Setiap pemilik usaha makanan atau minuman, baik dalam bentuk stand, restoran dan café bertujuan sama dalam mandapatkan laba sebanyak mungkin dan menekan biaya operasional. Demi tercapainya tujuan, pemilik dapat memberikan pelayanan yang berkualitas serta mempertimbangkan tempat usaha. Harapannya dengan kedua faktor tersebut menjadikan pelanggan lebih puas, terhubung kembali dengan tujuan utama yaitu laba. Penelitian yang dilakukan di Café Arlins Food&Café mempertimbangkan dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan lokasi kepada variabel lainnya yaitu kepuasan pelanggan.Café yang terletak di Jl. Pacet-Gondang Kabupaten Mojokerto, didapati peneliti memiliki kedua variabel tersebut namun masih minimal data mengenai kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan angket untuk memperoleh data primer, kemudian dianalisis secara kuantitatif yakni kausal komparatif. Menggunakan teknik random sampling pada 96 responden diketahui variabel kualitas pelayanan dan lokasi memberikan pengaruh secara positf baik secara serentak maupun terpisah kepada kepuasaan pelanggan. Kedua vairabel tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan oleh pihak Café Arlins Food&Café demi meningkatkan pelanggan baik dari segi kuantitas maupun kepuasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, R., & Zulkifli. (2017a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Citra Laundry Kota Pariaman. MENARA Ilmu, 2(78).

Asyro, M., Kartikowati, R. S., & Marzuki. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kepuasan Siswa Sman 1 Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2).

Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1).

Chulaifi, M. I., & Setyowati, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal Hasil Penelitian, 3(1).

Fikri, M. Z., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “Kedai Yatim. Jurnal Syarikah, 4(1).

Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Bandung. Jurnal Elektornik REKAMAN, 1(1).

Gunawan, N., & Kartika, C. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rolag Cafe Diponegoro Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 5(1).

Haryoko, U. B., & Rabani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Jurnal Ilmiah, 1(2).

Haryoko, U. B., & Rabani, H. (2019b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Jurnal Ilmiah Feasible, 1(2).

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2).

Meutia, R., & Andiny, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Langsa Lama. NIAGAWAN, 8(2).

Pamungkas, R. D. (2019). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek sepatu NIKE di Surabaya. Journal of Business and Banking, 9(1).

Prasevie, S. F. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(2).

Putra, I. M. B. P., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. :Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2).

Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-Eleven. Jurnal Disrupsi Bisnis, 2(1).

Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pln (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA, 7(1).

Ridwan, I., & Rosid, M. Z. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Layanan Pada Koperasi Guru MMI (Kagumi) Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Kecamatan Jayanti Tanggerang. Journal of Management Studies, 5(2).

Santoso, Rohmad Prio. 2022. Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Universitas Hasyim Asy’ari BIMA: Journal of Business and Innovation Management Volume 4 Nomor 3, Juni 2022 Halaman 585-596. https://doi.org/10.33752/bima.v4i3.545

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, 7(1).

Sugita, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(11).

Tamara, N. I. E., Mananeke, L., & Kojo, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 6(4).

Wahana, V., Siregar, R. T., Harahap, K., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh Persepsi Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Kain Toray Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, 5(2)

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

Prasetyo, A. E., Sudarwanto, T., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe Arlins Food & Coffe. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5293

Issue

Section

Articles