علاقة بين حفظ القران ونتائج التعليم اللغة العربية لطالبات جامعة هاشم أشعري (دراسة كمية في معهد والي سونجو جوكير ديويك جومبانج)

Penulis

  • Iffah Izzati Humairo’
  • Isniyatun Niswah

Kata Kunci:

Memorization of the Qur'an, Learning Outcomes, Arabic

Abstrak

In this article, the purpose of this research is to know the memorization of the Qur'an, to find out the results of learning Arabic, and to find out the relationship between memorizing the Qur'an and learning outcomes in Arabic. Researchers here use quantitative methods with observation, questionnaires, tests and documents. The results of the study: 1) the students there were already very good at reading the Al-Qur'an. But it is better if students read and understand along with its meaning and tartil. 2) Arabic learning outcomes, the average number of answers to the questions is 79. In conclusion, 19 students have the answers above the average, and 2 students whose answers are in accordance with the average, and 14 students have answers below the average. 3) There is a relationship between memorizing the Qur'an and learning Arabic results. This is indicated by the results of the Spearman test with a Sig value of 0.000 <0.05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

أزهاري, محمد. رزقي. 2019. "حفظ القران بالألعاب و تطبيقه في تربية الأبناه على أساس القران مؤسسة السلام باندونغان سيمارانغ". البحث العلم، جامعة دار السلام كونتور. (ص. 15- 16).
سامي, عريفين. 2017 "علاقة بين حفظ القرأن وقدرو مفرداة العربية لطلاب معهد التزكيةالدينية ياها بولاية يالا جنوب التلاند". بحث العلم. جامعة علاء الدين الإسلامية الحكومية مكاسر. (ص. 10-11).
Andriani, Asna. 2015. Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Ta'allum. Vol.3 No.1. (hlm. 44).
Anjasmara. Rio. 2020. Fungsi Al-Qur'an Di Sekolah (Studi SMA Nusatara Plus Legoso Ciputat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Gade, Fithriani.2014. Implementasi Metode Takrar Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol.XIV, No.2. (hlm. 418-419).
Hasan, Hasan. 2018. Psikologuistik: Urgensi Dan Manfaatnya Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al Mi’yar Vol.1 No.2. (hlm. 8).
Hasyim, M. 2015. Andragogi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol.2 No.1. (hlm. 40).
Kamal, Mustofa. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya), Jurnal Pendidikan Islam Vol.6, No.2.
Kussrinaryanto. 2014. "Korelasi Tahfidz Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di Smp Pondok Pesantren Penghafal Al-Qur’an Daarul Qur’an Semester Gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Latifaturrahmah, Umi. 2018. Korelasi Kemampuan Tahfidz Al-Qur'an Dengan Hasil Belajar Prestasi Didik Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits MI Ma'arif Karangsari Tanggamus. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (hlm. 38-39).
Nasution. 2007. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasanah, Siti. A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinal Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes), Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1 No.1. (hlm129).
Prasojo, Retmono Jazib. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Vol.2 No.1. (hlm. 3).
Pristyadi, Budiyono. 2016. Modul Metodologi Penelitian dan Studi Kasus.
Raswan. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol.5 No.1. (hlm. 126.)
Rohman, Fathur. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang. Madani.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susianti, Cucu. 2016. Efektifitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Anak Usia Dini, Tunas Siliwangi Vol.2 No.1. (hal. 10-12).
Suwardi, Dana Ratifi. 2012. Faktor-Fkator Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri BAE Kudus. Economic Education Analysis Journal. Vol.1 No.2. (hlm. 2).
Tania, Siti. 2018. "Efektivitas Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningktkan Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Putri Di Ma’had Al-Jami’ah Uin Raden Intan Lampung". Skripsi. Universitas Negeri Raden Intan Lampung. (hlm. 3).
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. RajaGrafindo.
Wijayanti, Lusi Kurnia. 2016. "Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Pada Orang Dewasa Untuk Memingkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Lembaga Majlis Qur'an (MQ) madiun". Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (hlm. 16-17).
Yasir, Muhammad. Jamaruddin, Ade. 2016. Studi Al-Qur'an. Riau: Asa Riau.
Yunus, Mahmud. 2010. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah. (hlm.105).

Diterbitkan

2021-10-01