PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR MATEMATIKA PADA MATERI PERHITUNGAN WAKTU KELAS 3
DOI:
https://doi.org/10.33752/aldawat.v3i01.6005Keywords:
pengembangan, media papan pintar, matematikaAbstract
Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, penggunaan media pembelajaran tidak bisa dilepaskan dari siswa. Sebab media sangat mempengaruhi respon siswa terhadap jenis media dalam pembelajaran. Efisiensi dan efektivitas belajar anak akan meningkat jika disesuaikan dengan media yang digunakan. Hal ini untuk menopang, memperbanyak pemahaman materi yang diajarkan oleh guru. Anak akan tumbuh dengan mempunyai jiwa semangat, aktif, antusias yang tinggi. Dari segi metode, penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan produk media. Hasil pengembangan berbentuk papan yang berupa perhitungan waktu secara detail. Dengan model pengembangan dari Dick and Carrey melalui 10 tahapan yaitu : identifikasi tujuan bersama, uraian pembelajaran, uraian peserta didik konteks dan tujuan umum, pengembangan instrument penilaian, pengembangan strategi pembelajaran, memilih bahan pembelajaran, mendesain dan evaluasi formatif, melaksanakan revisi, evaluasi sumatif. Hasil penelitian pengembangan media papan pintar matematika menunjukkan presentase dari validator materi 82% dengan kategori valid, dan presentase dari validator media 88% kategori sangat valid. Adapun hasil respon wali kelas yaitu 100% kategori sangat layak dan praktis. Uji coba skala kecil menghasilkan nilai 98% dari 6 siswa, dan uji coba skala besar menghasilkan nilai 88%. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan maka media pengembangan papan pintar matematika materi perhitungan waktu dinyatakan layak.