IMPLEMENTASI METODE DEMONTRASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33752/aldawat.v2i02.4755Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman fiqih siswa sekolah dasar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis dan non tertulis. Tes tertulis berupa tes yang diberikan kepada siswa, dan non tes adalah hasil dari data observasi dan praktik saat pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Al-Ishlah Glangglang-Beji. Hasil penelitian adalah metode demonstrasi yang diterapkan oleh guru mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Sholat Fardhu dengan sangat baik. Pada Siklus pertama ketuntasan siswa sebesar 75% sedangkan pada siklus II sebesar 94%. Ini membuktikan bahwa implementasi metode demonstrasi ini dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran fiqih. Karena siswa diberikan kesempatan untuk praktek secara langsung dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.