EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT BERVARIASI GUNA MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.33752/aldawat.v2i02.4685Keywords:
ModeL Pembelajaran NHT, self confidenceAbstract
Abstrak:
Model pembelajaran memiliki peranan penting dan kegiatan pembelajaran agar dapat menggapai tujuan pembelajaran. Ada berbagai jenis model pembelajaran akan tetapi yang digunakan pada penelitian ini yakni model pembelajaran NHT. Pembelajaran menggunakan model NHT diterapkan untuk mengembangkan rasa percaya diri peserta didik, pada model pembelajaran ini peserta didik dihadapkan untuk cekatan ketika pembelajaran. Peserta didik diminta untuk mengemukakan pendapatnya agar dapat memecahkan sebuah permasalahan yang diberikan guru bersama kelompoknya. Percaya diri dibutuhkan setiap individu dalam proses mengembangkan diri secara utuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran NHT 2) Mengetahui self confidence peserta didik 3) Mengetahui efektivitivas model pembelajaran NHT untuk meningkatkan self confidence peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain eksperimen dengan jenis true experiment posttest-only control design. Yang mana nantinya data diperoleh dari lembar observasi dan angket yang di isi oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Ittihad Kalianyar Jogoroto Jombang. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran NHT sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik karena terjadinya pola interaksi antar peserta didik ketika kegiatan berdiskusi berlangsung. Hasil uji mann whitney mendapat nilai Asyimp. Sig. (2-tailed) 0,017 < 0,05 yang artinya H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan peningkatan kepercayaan diri peserta didik antara kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran NHT.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-05-27 (2)
- 2023-08-18 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.