PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA

Authors

  • Ferdy Sukma Wibowo
  • Siti Rofi'ah

Keywords:

peran orangtua, pembelajaran daring

Abstract

Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi alternatif pembelajaran selama masa pandemi covid 19, karena merupakan kebiasan baru maka perlu sinergi dari berbagai pihak baik prang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran orangtua pada saat proses pembelajaran daring dirumah masing-masing. Penelitian ini adalah penelitian study kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian di MI Islamiyah Banjarpoh Ngoro Jombang. Pengumpulan data yang dibutuhkan penulis menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang peran orang tua dalam proses pembelajaran daring menunjukkan bahwa, beberapa orangtua sudah banyak yang aktif membantu, memberi motivasi, serta menunggu anaknya masing-masing ketika pembelajaran daring dirumah sesuai kemampuan orangtua.  Namun ada juga beberapa orangtua yang lalai dengan kewajibannya memberikan dukungan kepada anak untuk proses belajar daring dirumah, dikarenakan orangtua tidak memiliki waktu untuk mendampingi anak  belajar secara daring,  dengan sebab orangtua pergi ke sawah untuk mencari nafkah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28