PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 (PANAS DAN PERPINDAHANNYA) TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Rusydina Haq
  • Imam Muslih

Keywords:

Media Audiovisual, Hasil Belajar Siswa, Materi Panas dan Perpindahannya

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah yang mempunyai banyak materi yang bersifat abstrak. Dengan keabstrakan itulah, merupakan salah satu fungsi dari adanya media audiovisual. Yang awalnya terlihat abstrak namun dengan media akan terlihat real/nyatanya. Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 di kelas V MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (2) untuk mengetahui Hasil belajar siswa setelah menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran Tema 6 Subtema 2 di kelas V MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (3) untuk mengetahui Pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Penelitian ini menggunakan Pendekataan Kuantitatif jenis penelitian Eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimen. Subjek penelitian adalah siswi kelas V MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang yang terdiri dari empat kelompok belajar. Kelompok belajar yang digunakan adalah kelompok C yang terdiri dari 15 siswi. Pengambilan data penelitian menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran tematik terkesan sangat menarik minat dan semangat siswa dalam proses pembelajaran, (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran tematik, (3) adanya pengaruh penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Tema 6 Subtema 2 (Panas dan Perpindahannya) terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-25