PENGARUH METODE DEMOSTRASI BERBASIS SOSIODRAMA DENGAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BEREKSPRESI DALAM MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Moh Romandon
  • Vian Hanes Andreastya

Keywords:

Metode Demonstrasi, sosiodrama, musikalisasi puisi, kemampuan berekspresi

Abstract

Penelitian berfokus terhadap kemampuan berekspresi siswa dengan menggunakan metode demonstrasi yang dipadukan dengan sosiodrama, sehingaa dalam setiap pendemonstrasianya  dipadukan dengan pendramatisiran  setiap pembacaan puisi, sehingga siswa akan lebih mudah memahami cara berekspresi dengan mudah, dan musik sebagai penguat suasana agar siswa lebih mendalami setiap pembacaan puisi. Tahap penelitian dari perencanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analasis data menggunakan menggunakan  metode  penelitian  kuantitatif dengan  desain true experimental  dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dalam penelitian   ini  peneliti   menggunakan  posttes-only   group   design.   Instrumen penelitian menggunakan butir tes kuesioner dan pengambilan nilai praktik, data diolah dengan aplikasi SPSS untuk mendeskripsikan hasil uji mann-whitney. Dari hasil penelitan penerapan  metode  demonstrasi berbasis  sosiodrama siswa mengalami  peningkatan  kemampuan  berekspresi  dapat  dilihat dari hasil rata-rata  nilai kelas  eksperimen  dan kelas  kontrol  yaitu  73,8  berbanding  65. Hasil tersebut menunjukan  adanya pengaruh dalam pembelajaran  menggunakan metode demonstrasi berbasis sosiodrama dengan musikalisasi puisi pada kemampuan berekspresi siswa kelas  IV MI Nurul Huda Sepakung Wetan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-25