PENGARUH METODE DEMOSTRASI BERBASIS SOSIODRAMA DENGAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BEREKSPRESI DALAM MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
Metode Demonstrasi, sosiodrama, musikalisasi puisi, kemampuan berekspresiAbstract
Penelitian berfokus terhadap kemampuan berekspresi siswa dengan menggunakan metode demonstrasi yang dipadukan dengan sosiodrama, sehingaa dalam setiap pendemonstrasianya dipadukan dengan pendramatisiran setiap pembacaan puisi, sehingga siswa akan lebih mudah memahami cara berekspresi dengan mudah, dan musik sebagai penguat suasana agar siswa lebih mendalami setiap pembacaan puisi. Tahap penelitian dari perencanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analasis data menggunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain true experimental dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dalam penelitian ini peneliti menggunakan posttes-only group design. Instrumen penelitian menggunakan butir tes kuesioner dan pengambilan nilai praktik, data diolah dengan aplikasi SPSS untuk mendeskripsikan hasil uji mann-whitney. Dari hasil penelitan penerapan metode demonstrasi berbasis sosiodrama siswa mengalami peningkatan kemampuan berekspresi dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,8 berbanding 65. Hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh dalam pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbasis sosiodrama dengan musikalisasi puisi pada kemampuan berekspresi siswa kelas IV MI Nurul Huda Sepakung Wetan.