PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM KONTEKS MEDIA LIDI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Khusnul Isma Nuriza

Keywords:

PMRI, Hasil Belajar, Media Lidi.

Abstract

Penjumlahan dan pengurangan merupakan materi pokok yang diberikan kepada siswa di madrasah ibtidaiyah. Keterampilan dalam menjumlah dan mengurangi harus dikuasai siswa agar nantinya mereka dapat mengoperasikan bilangan dengan mudah. Namun fakta di lapangan, banyak siswa yang belum faham cara pengoperasian bilangan salah satunya dalam metode berhitung susun, siswa masih keliru meletakkan angka sesuai nilai tempat serta kelalaian dalam melakukan “penyimpanan dan peminjamanâ€. Pembelajaran konvensional yang tidak dihubungkan dengan konsep dunia nyata menjadi salah satu faktor bagi siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan cenderung bosan ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga riset ini bertujuan untuk melihat hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan sebelum dan setelah diterapkannya PMRI dalam konteks media lidi. Riset ini merupakan riset aksi kelas atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan informasi memakai teknik wawancara, observasi serta uji hasil belajar. Analisis informasi deskriptif dijabarkan secara kuantitatif serta kualitatif. Adapun didapatkan hasil pada riset ini yaitu sebelum penerapan PMRI dalam konteks media lidi yaitu nilai rata-rata kelas 66,9 (rendah) dengan prosentase ketuntasan kelas 40%. Kemudian setelah penerapan PMRI dalam konteks media lidi hasil nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,5 (cukup) pada siklus 1 dan 91 (sangat baik) pada siklus II. Demikian pula tingkat ketuntasan kelas meningkat dari 40% pada pra siklus, menjadi 75% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-25