REBRANDING PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Jasminto

Keywords:

Psikologi, Perkembangan, Paradigma Islam, Pendidikan

Abstract

Artikel ini berupaya menguatkan pemahaman Islam tentang perkembangan manusia dalam kacapandang pendidikan Islam. Pemahaman Islam yang dimaksud adalah tentang proses penguatan sumberdaya manusia. Metode literer sebagai payung metodologi dimulai dengan kritik terhadap pandangan dunia sekuler Barat, yang secara eksklusif bergantung pada empirisme dan reduksionisme. Kebergantungan ini membawa konsepsi Islam bergantung bahkan dikucilkan dalam berbagai kajian yang berdimensi spiritual. Pengucilan ini disebabkan oleh pengakuan keunggulan materialisme dalam psikologi perkembangan sekuler. Artikel ini mengambil inisiasi Al-Quran dan hadits untuk menentukan faktor, hereditas dan lingkungan dalam perkembangan bentuk pendidikan. Hasilnya berupa kritik terhadap paradigma epistemologis dan metodologis serta kerangka ilmu sosial dan perilaku Barat secara umum dengan menggunakan paradigma Islam yang khas yang didasarkan pada episteme Tawhidi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-06