IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA MAGNETIC BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN

Authors

  • Isna Nurul Inayati
  • Mahrus Romli Sufathan

Keywords:

Teams Games Tournament, Magnetic Board, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi pokok Zat Tunggal dan Campuran Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nuzulul Ulum Wajak Kabupaten Malang. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka peneliti berinisiasi untuk menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan mengkombinasikannya dengan media magnetic board. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih untuk digunakan karena aspek penelitian yang ingin ditingkatkan adalah dalam bentuk hasil belajar peserta didik yang notabene harus diukur secara kuantitatif. Jenis PTK  yang digunakan adalah model PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam model ini dibagi dalam 4 tahapan, meliputi planning, action, observation, dan reflection. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini menggunakan tes kognitif dalam bentuk tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan media magnetic board dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Zat Tunggal dan Campuran. Hal ini ditandai dengan hasil nilai evaluasi peserta didik yang mengalami peningkatan. Jika pada pelaksanaan Siklus I persentase ketuntasan belajar peserta didik masih sebesar 13,33%, maka pada pelaksanaan Siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-06