PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AL QURAN MELALUI PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG

Authors

  • Himda Iqlima
  • Ali Mahsun

Keywords:

Mutu Pendidikan Al-Qur’an, Tahfidz

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan   untuk   mendeskripsikan   penerapan   program   tahfidz sebagai pen in gkatan mutu pendidikan Al-Qur’an di MI Islamiyah  Ngoro Jombang.  Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode  observant, wawancara, serta dokumentasi. Teknik pengecekan keabsaan data menggunakan kriteria credibility,  tran sferabi lity,   d epen d ability,   âan   comfirmab ility   untuk   menjamin trustworh in exx (kelayakan  untuk  dipercaya)  sebuah  penelitian.  Hasil  penelitian menunjukkan dalam konteks pendidikan mutu pendidikan Al Quran di MI  1slamiyah  ngoro dapat dilihat melalui 3 hal yaitu, input,  proses,  dan  output.  Fakta  yang  peneliti  peroleh pertama bahwasannya  mutu  pendidikan  di  MI  Islamiyah  N goro  sudah  mendapatkan  predikat baik karena jika melihat  akreditasinya  adalah  A.  untuk  prosesnya  bahwasannya  benar adanya program unggul an kel as tahfidz setiap hari Sen in sampai dengan Jumat. Dan untuk mutu lulusannya, at umni MI I slamiyah N goro mampu diterima di  sekolah  negeri, favorit, dan pondok pesantren ternama di Jawa sehingga mutu lul usan MI Islamiyah  Ngoro layak diakui.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-06