IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG

Authors

  • Siti Nur Khasanah
  • Imam Muslih

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Sikap Toleransi

Abstract

Dalam masyarakat yang dinamis, pendidikan memegang peranan yang menentukan terhadap eksitensi dan perkembangan masyarakatnya, hal ini karena pendidikan merupakan suatu proses usaha untuk melestarikan, mengalihkan, serta mentransfermasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan segala jenisnya kepada generasi penerus. Toleransi merupakan bagian dari visi teologi atau akidah Islam dan masuk dalam kerangka system teologi Islam sejatinya harus dikajian secara mendalam dan diaplikasikan dalam kehidupan beragama karena ia adalah keniscayaan social bagi seluruh umat beragama dan merupakan jalan bagi terciptanya kerukunan antar umat beragama.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitia siswa kelas 4 MI. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, catatan lapangan, foto dokumen dan rekaman lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik dapat meningkatkan sikap toleransi siswa kelas 4 . Faktor pendukung Implementasi pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas IV persepektif sosiologi pendidikan yaitu: Motivasi siswa yang tinggi, sarana dan prasana yang memadai, dan Penyatuan siswa dalam jumlah yang cukup, Sementara Faktor penghambatnya adalah:Tenaga kerja yang kurang komponen, dan Perbedaan karakter yang dimiliki setiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-05