CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) YAYASAN PENDIDIKAN ARROSIDIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Authors

  • ETI ROHMAWATI UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI

Abstract

Abstract: This article discusses Customer Relationship Management (CRM) at Yayasan
Pendidikan Arrosidiyah Rejotangan Tulungagung covers all aspects related to potential users
and current users. With qualitative approach with descriptive analytical technique, this case
study explores with observation, interview, and documentation. Analyze procedure using
data reduction, data display, and verification. The results show that the CRM strategy in at
Yayasan Pendidikan Arrosidiyah Rejotangan Tulungagung uses two models: firstly,
conventional model using personal communication approach through religious social forum
on behalf of the institution indirectly. Billboards, banners, and distribution of
brochures/pamphlets are old ways that are still preserved. Secondly, non-conventional model
emphasing on the use of internet and social media both websites and social media groups.
The use of this digital media as a form of existence of educational institutions.

Keywords: CRM, Education Services, marketing

 

Abstrak: Artikel ini membahasa Customer Relationship Management (CRM) di Yayasan
Pendidikan Arrosidiyah Rejotangan Tulungagung meliputi semua aspek yang berhubungan
dengan calon pengguna dan pengguna saat ini. Dengan pendekatan kualitatif dengan teknik
analisis deskriptif, studi kasus ini menggali dati dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi Prosedur analisis menggunakan reduksi data, penayangan data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CRM di yayasan pendidikan Arrosidiyah
menggunakan dua model, pertama, konvensional yang menggunakan pendekatan
komunikasi personal melalui forum sosial keagamaan mengatasnamakan lembaga secara
tidak langsung. Pemasangan baliho, banner/spanduk, dan penyebaran brosur/pamphlet
adalah cara lama yang masih dipertahankan. Kedua, non konvensional menitikberatkan
penggunaan internet dan media sosial baik website maupun grup-grup media sosial.
Penggunaan media digital ini sebagai bentuk eksistensi lembaga pendidikan.

Kata kunci: CRM, Jasa Pendidikan, Pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-15

Issue

Section

Artikel