STRATEGI PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI MAN 3 NGANJUK

Authors

  • Fitrianti Rasela FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG
  • Imam Muslih FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG

DOI:

https://doi.org/10.33752/altadib.v8i1.329

Abstract

Abstract: This article discusses the Qur'an Hadith learning strategy in achieving student competence
XI Religion in MAN 3 Nganjuk and associated with it. With case study model and descriptive
qualitative research approach, research tried to dig data by using interview technique, observation,
and documentation. Data analysis using data reduction procedures, data presentation, data
verification. Technique of checking of data validity by doing extension of observation, increasing
persistence and triangulation. The result of the research shows that learning strategy of Qur'an Hadits
in the achievement of student competence in MAN 3 Nganjuk following learning evaluation, reading
BTA, memorizing and understanding Al-Qur'an and Hadith, and achievement of student competence
in MAN 3 Nganjuk succesfully enough and constructively . This is evident by looking at the final
score of the exam results and the explanation from the teacher of the Qur'an Hadith, although there
are still some students who still can not understand optimally, but from the madrasah still strives so
that it can meet the target to be conveyed by the school. Supporting factors are the availability of
books of amma, companion teachers, libraries and printed copies of the Qur'an, and the inhibiting
factors are the lack of awareness of the importance of Qur'an Hadith, Lack of motivation, limited
material, and limited time availability.

Keywords: Learning Strategy, Competency Achievement

 

Abstrak: Artikel ini membahas strategi pembelajaran Qur’an Hadits dalam pencapaian kompetensi
siswa XI Agama di MAN 3 Nganjuk dan yang terkait dengannya. Dengan model studi kasus dan
pendekatan penulisan kualitatif deskriptif, penulisan mencoba menggali data dengan menggunakan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan prosedur reduksi data,
penyajian data, verifikasi data. Teknik pengecekan kebsahan data dengan melakukan perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penulisan menunjukan bahwa strategi
pembelajaran Qur’an Hadits dalam pencapaian kompetensi siswa di MAN 3 Nganjuk berikut
evaluasi pembelajaran, membaca BTA, menghafal dan memahami Al-Qur’an dan Hadits,dan
pencapaian kompetensi siswa di MAN 3 Nganjuk berhasil dengan cukup baik dan konstruktif. Ini
terbukti dengan melihat nilai akhir hasil ujian dan penjelasan dari Guru mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits, meskipun masih ada sebagian siswa yang masih belum bisa memahami secara optimal,
namun dari pihak madrasah tetap mengupayakan sehingga bisa memenuhi target yang ingin
disampaikan oleh sekolah. Faktor pendukung adalah tersedianyanya buku juz amma, guru
pendamping, perpustakaan dan buku cetakan AL-Qur’an, dan faktor penghambat adalah kurangnya
kesadaran tentang pentingnya Al-Qur’an Hadits, Kurangnya motivasi, materi terbatas, dan
ketersediaaan waktu yang terbatas.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pencapaian Kompetensi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Rasela, F., & Muslih, I. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI MAN 3 NGANJUK. Al Tadib : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.33752/altadib.v8i1.329

Issue

Section

Artikel