Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Membangun Moral dan Akhlak Remaja di Desa Guyangan Kabupaten Nganjuk
Keywords:
Penyuluhan, Pendidikan karakter, Pemikiran Ki Hadjar DewantaraAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan Pendidikan karakter berbasis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara kepada remaja desa Guyangan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini perlu ditanamkan kepada generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter merupakan usaha sistematis terkait pembangunan kebudayaan dengan memberikan pendidikan dalam tumbuh kembangnya jiwa raga sesorang sehingga lingkungan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan jiwa menuju ke arah adab kemanusiaan dalam keharmonisan hidup. Metode kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi, tanya jawab, diskusi mandiri, dan simulasi pengajaran dalam menerapkan pendidikan karakter di Balai Desa Guyangan. Indikator ketercapaian tujuan pengabdian masyarakat adalah bahwa 75% stake holder masyarakat setempat merasakan senang dengan diadakannya penyuluhan tentang pendidikan karakter di balai desa Guyangan sebagai bentuk wawasan orang tua dan remaja dalam memberikan pengetahuan untuk membangun moral dan akhlak melalui internalisasi pendidikan karakter.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Albany, D.A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter Pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hadjar Dewantar. Jurnal Humanitas Vol. 7 No. 2, Juni 2021, hal. 93-107.
Ali, A.M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
Cahyani, E.P.N, Dwinata A, Adlina N, and Pujiono.(2024). “Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar,” Discov. J. Ilmu Pengetah., vol. 9, no. 1, pp. 1–7, doi: https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5728
Dwinata. A. (2023). Manajemen Sekolah. Jombang: CV Ainun Press
Dwinata, A. et al. (2024)., “PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL REMAJA DESA WATUGALUH KABUPATEN JOMBANG,” ABIDUMASY J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 01, pp. 15–22, doi: https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5726
Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Yogyakarta: Nusamedia.
Nurhayati, E. (2010). Bimbingan Keterampilan & Kemandirian Belajar. Bandung: Batic Press
Pattiasina P, D. Aswita, T. M. Fuadi, A. Noviyanti, and E. Y. R. Pratiwi. “Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya Di Era Society 5.0,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 2446–2454, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6984
Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Yogyakarta: CV Diandra Primamitra Media
Tampubolon. (1993) Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa
Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Hardinanto, Ahmad Faizi, Anggara Dwinata, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Sayid Ma’rifatulloh, Fani Indrawan, Evi Rizqi Salamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.