Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Membangun Moral dan Akhlak Remaja di Desa Guyangan Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Eko Hardinanto Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ahmad Faizi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Anggara Dwinata Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sayid Ma’rifatulloh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Fani Indrawan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari
  • Evi Rizqi Salamah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Penyuluhan, Pendidikan karakter, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan Pendidikan karakter berbasis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara kepada remaja desa Guyangan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini perlu ditanamkan kepada generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter merupakan usaha sistematis terkait pembangunan kebudayaan dengan memberikan pendidikan dalam tumbuh kembangnya jiwa raga sesorang sehingga lingkungan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan jiwa menuju ke arah adab kemanusiaan dalam keharmonisan hidup. Metode kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi, tanya jawab, diskusi mandiri, dan simulasi pengajaran dalam menerapkan pendidikan karakter di Balai Desa Guyangan. Indikator ketercapaian tujuan pengabdian masyarakat adalah bahwa 75% stake holder masyarakat setempat merasakan senang dengan diadakannya penyuluhan tentang pendidikan karakter di balai desa Guyangan sebagai bentuk wawasan orang tua dan remaja dalam memberikan pengetahuan untuk membangun moral dan akhlak melalui internalisasi pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Albany, D.A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter Pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hadjar Dewantar. Jurnal Humanitas Vol. 7 No. 2, Juni 2021, hal. 93-107.

Ali, A.M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana

Cahyani, E.P.N, Dwinata A, Adlina N, and Pujiono.(2024). “Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar,” Discov. J. Ilmu Pengetah., vol. 9, no. 1, pp. 1–7, doi: https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5728

Dwinata. A. (2023). Manajemen Sekolah. Jombang: CV Ainun Press

Dwinata, A. et al. (2024)., “PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL REMAJA DESA WATUGALUH KABUPATEN JOMBANG,” ABIDUMASY J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 01, pp. 15–22, doi: https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5726

Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Yogyakarta: Nusamedia.

Nurhayati, E. (2010). Bimbingan Keterampilan & Kemandirian Belajar. Bandung: Batic Press

Pattiasina P, D. Aswita, T. M. Fuadi, A. Noviyanti, and E. Y. R. Pratiwi. “Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya Di Era Society 5.0,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 2446–2454, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6984

Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Yogyakarta: CV Diandra Primamitra Media

Tampubolon. (1993) Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Hardinanto, E., Faizi, A., Dwinata, A., Pratiwi, E. Y. R., Ma’rifatulloh, S., Indrawan, F., & Salamah, E. R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Membangun Moral dan Akhlak Remaja di Desa Guyangan Kabupaten Nganjuk. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 317–325. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8405