INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS DI PESANTREN TEBUIRENG

Authors

  • Maidatus Sa’diyah 1Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Nur Azah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Aksinatul Kumala Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Aida Arini Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Resdianto Permata Raharjo 5Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Integrasi, Pendidikan Islam, Pendidikan Sains, Pesantren Tebuireng

Abstract

Pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan tradisional dengan kitab kuning. Namun, dengan segala ketradisonalitasannya, pesantren telah berada dalam persinggungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Maka muncullah pesantren yang mengintegrasikan pendidikan Islam tradisionalnya dengan keilmuan sains dan teknologi, seperti Pesantren Sains Tebuireng Jombok, dan Pondok Putri Pesantren Tebuireng Kesamben Jombang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian observasi. Observasi pertisipatif secara aktif dan penuh (total participant observation) dipilih dengan tujuan peneliti sebagai intrument atau alat utama penelitian terjun dan terlibat langsung dan penuh dalam setiap proses dan aktivitas terkait subjek penelitian. Penelitian ini meliliki dua bentuk luaran yakni wajib dan tambahan. Luaran wajib berupa seminar hasil. Sedangkan luaran tambahan berupa publikasi artikel ilmiah dalam prociding, jurnal Sinta, dan laporan akhir penelitian. Adapun penelitian ini ditargetkan pada TKT 1, yaitu prinsip dasar dari teknologi diteliti dan dilaporkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Akarhanaf (2018) Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, Bapak Umat Islam Indonesia. Jombang: Pustaka Tebuireng.

. Arifin, Z. (2023) ‘Wawancara dengan Panitia Penerimaan Santri Baru’.

. Atmaja (2007) Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Alex Media Komputindo.

. Daradjat, Z. (2014) Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

. Dhofier, Z. (2011) Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

. Irawan, A. (2018) Akar Sejarah Etika Pesantren di Indonesia. Tangerang Selatan: Pustaka Iman.

. Khuluq, L. (2018) Tafsir Pemikiran Kebangsaan dan Keislaman Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Jombang: Pustaka Tebuireng.

. Manuela, L.D. (2023) ANALISIS PENERAPAN GREEN ACCOUNTING PADA PERUSAHAAN PTPN X PABRIK GULA TJOEKIR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SUSTAINABILITAS PERUSAHAAN. undergraduate. STIE PGRI Dewantara Jombang. Available at: https://repository.stiedewantara.ac.id (Accessed: 15 March 2023).

. Redaksi, T. (2023) ‘Profil Pesantren Tebuireng/Unit Pendidikan/Tebuireng.online’, Tebuireng Online, 14 March. Available at: https://tebuireng.online/ (Accessed: 15 March 2023).

. Rosyidin, M.A. (2021) ‘INTERAKSI PESANTREN DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI’, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), pp. 53–73. Available at: https://doi.org/10.30659/jpai.4.1.53-73.

. Umbaran (2024) ‘Integrasi Sains dan Islam di SMA Trensains Tebuireng’.

. Yasin, A.M. and Karyadi, F. (2011) Profil Pesantren Tebuireng. Jombang: Pustaka Tebuireng.

. Zuhri, S. (1979) Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia. Bandung: Al-Ma’rifat.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Sa’diyah, M., Azah, N., Kumala, A., Arini, A., & Raharjo, R. P. (2024). INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS DI PESANTREN TEBUIRENG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 309–316. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8404