SOSIALISASI PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK USIA DINI DI DESA KASREMAN, KANDANGAN, KEDIRI

Authors

  • Ria Kamilah Agustina Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari
  • Elisa Nurul Laili Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari
  • Pipit Ertika Daristin Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari
  • Fani Indrawan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari
  • Maskhurin Fajarina Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari
  • Mukminatus Zuhriyah Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asyari

Keywords:

Sosialisasi, Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa merupakan instrumen utama dalam mengungkapkan pikiran dan pengetahuan ketika anak menjalin hubungan dengan orang lain. Usia anak 0-6 tahun merupakan masa emas (golden age) dan sangat penting bagi orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak, karena pada masa inilah akan ditentukan masa perkembangan anak selanjutnya hingga dewasa. Di Kasreman, Kandangan, Kediri, banyak anak yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya interaksi antara orang tua dan anak. Hal tersebut menginspirasi tim PKM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UNHASY untuk melaksanakan PKM dengan judul “Sosialisasi Orang Tua Tentang Pentingnya Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Usia Dini di Desa Kasreman, Kandangan, Kediri.” Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para orang tua agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini”. (Jurnal al-Shifa, Vol. 06. No. 02). 161-180. JuliDesember 2015

Hurlock, B Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Musfiroh, T. Bercerita untuk Anak Usia Dini. (Jakarta: Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi, 2005)

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana

Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297.

Otto, B. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Kencana.

Usman, M. (2015). Perkembangan bahasa dalam bermain dan permainan:: untuk pendidikan anak usia dini. Deepublish.

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan bahasa pada anak speechdelay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukandarrumiddi, Harianto. (2007). Dasar-Dasar Penulisan Proposal Penelitian. Yokyakarta: Gajahmada University Press.

Rasyid, Harun. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Agustina, R. K., Laili, E. N., Daristin, P. E., Indrawan, F., Fajarina, M., & Zuhriyah, M. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA BAGI ANAK USIA DINI DI DESA KASREMAN, KANDANGAN, KEDIRI. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 243–247. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8393