Pelatihan Pemograman Arduino Pada Guru SMP Islam Mbah Bolong

Authors

  • Nanndo Yannuansa 123456Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Humaidilah Kurniadi K.W Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Nailul Izzati Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Imamatul Ummah Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Jati Widyo Leksono Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Elly Indawati Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Pelatihan, Pemrograman Arduino, Guru, Teknologi, Inovasi Pembelajaran

Abstract

kebutuhan akan integrasi teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan perkembangan era digital. Pelatihan pemrograman Arduino pada guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi yang kreatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan pemrograman Arduino dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif dengan pendekatan hands-on di mana peserta berlatih langsung menggunakan modul Arduino. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Guru merasa lebih percaya diri dalam menggunakan perangkat elektronik sebagai media pembelajaran yang interaktif. Diharapkan pelatihan serupa dapat diterapkan secara lebih luas guna mendorong inovasi dalam proses pembelajaran..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., & Rahmawati, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM dengan Arduino untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 87-102.

Brown, T., & Green, K. (2020). The Impact of Arduino Training on Teachers' Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Journal of Educational Technology Research, 28(3), 120-134.

Dewi, R. K., & Sukmawati, N. (2021). Penerapan Proyek Pemrograman Arduino dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 145-160.

Hidayat, A., & Nugroho, T. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemrograman Mikrokontroler Arduino. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 10(3), 56-70.

Putra, D. A., & Susilo, A. (2021). Efektivitas Pelatihan Arduino untuk Guru Sekolah Menengah dalam Meningkatkan Kompetensi Teknologi Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 25-35.

Suryani, E., & Saputra, A. (2023). Pelatihan Arduino sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 18(1), 67-75.

Widodo, S., & Hartono, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Arduino untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 311-322.

Yuliana, L., & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Arduino pada Materi Fisika di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 9.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Yannuansa, N., K.W, H. K., Izzati, N., Ummah, I., Leksono, J. W., & Indawati, E. (2024). Pelatihan Pemograman Arduino Pada Guru SMP Islam Mbah Bolong. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 225–228. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8385