Pelatihan Pemograman Arduino Pada Guru SMP Islam Mbah Bolong
Keywords:
Pelatihan, Pemrograman Arduino, Guru, Teknologi, Inovasi PembelajaranAbstract
kebutuhan akan integrasi teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan perkembangan era digital. Pelatihan pemrograman Arduino pada guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi yang kreatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan pemrograman Arduino dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif dengan pendekatan hands-on di mana peserta berlatih langsung menggunakan modul Arduino. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Guru merasa lebih percaya diri dalam menggunakan perangkat elektronik sebagai media pembelajaran yang interaktif. Diharapkan pelatihan serupa dapat diterapkan secara lebih luas guna mendorong inovasi dalam proses pembelajaran..
Downloads
References
Andriani, D., & Rahmawati, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM dengan Arduino untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 87-102.
Brown, T., & Green, K. (2020). The Impact of Arduino Training on Teachers' Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Journal of Educational Technology Research, 28(3), 120-134.
Dewi, R. K., & Sukmawati, N. (2021). Penerapan Proyek Pemrograman Arduino dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 145-160.
Hidayat, A., & Nugroho, T. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemrograman Mikrokontroler Arduino. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 10(3), 56-70.
Putra, D. A., & Susilo, A. (2021). Efektivitas Pelatihan Arduino untuk Guru Sekolah Menengah dalam Meningkatkan Kompetensi Teknologi Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 25-35.
Suryani, E., & Saputra, A. (2023). Pelatihan Arduino sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 18(1), 67-75.
Widodo, S., & Hartono, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Arduino untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 311-322.
Yuliana, L., & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Arduino pada Materi Fisika di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanndo Yannuansa, Humaidilah Kurniadi K.W, Nailul Izzati, Imamatul Ummah, Jati Widyo Leksono, Elly Indawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.