PKM BRANDING AND MARKETING PRODUK UMKM DI UNHASY DAN UITM

Authors

  • Maskhurin Fajarina Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Elisa Nurul Laili Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Fani Indrawan Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Pipit Ertika Daristin Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ariga Bahroodin Prodi. Pendidikan Guru MI, Fakultas Ilmu Agama, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sholihul Ansori Prodi. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Lik Anah Prodi. Menejemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Afizan Ameer Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Branding, Marketing, UMKM

Abstract

Marketing dan Branding sangatlah penting dilakukan bagi para wirausaha untuk menarik para konsumen sehingga meningkatkan hasil penjualan. Ilmu tentang branding dan marketing tidaklah mudah, tidak cukup hanya sekali atau dua kali akan tetapi perlu dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu pentingnya pelatihan dan pendampingan masyarkat terkait branding dan marketing ini khususnya bagi para wiraussaha pemula. Pengabdian kepada Masyarakat tentang “branding dan marketing” ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pendampingan tentang “branding dan marketing” kepada UMKM di Unhasy Jombang Indonesia dan UiTM Malaysia dan masyarakat yang ada disekitanya. Peserta PKM ini terdiri dari usaha mikro di Unhasy dan sekitarnya dan UiTM dan sekitrnya. Dengan metode Seminar dan Pendampingan. Hasil dari PKM ini adalah mitra mendapatkan bimbingan dan pendampinga secara berkelanjutan delam melakukan branding dan marketing.  Dengan demikian akan terjalin terus komunikasi dan bimbingan keberlanjutan untuk pengembangan usaha para pembisnis baru hingga bisa tercapai brandingnya dan sampai melakukan marketing secara berkelanjutan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto, A., & Wijaya, T. (2018). Strategi Pemasaran dan Promosi Produk UMKM. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 28-39.

Hadi, A. S., & Hermawan, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 8(1), 35-46.

Suryana, A. (2019). Pemasaran Strategik UMKM: Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Luas Bagi UMKM di Era Digital. Andi.

Prasetya, A. A., & Astuti, N. K. (2021). Peran Promosi Digital dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Era Digital. Jurnal Pariwisata Mandala, 10(2), 84-95.

Nuryanti, E., & Putri, D. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(2), 120-132.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Fajarina, M., Laili, E. N., Indrawan, F., Daristin, P. E., Bahroodin, A., Ansori, S., Anah, L., & Ameer, A. (2024). PKM BRANDING AND MARKETING PRODUK UMKM DI UNHASY DAN UITM. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 220–224. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8383