DESAIN FLASHCARD KARTUPASTING SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENCEGAHAN STUNTING
Keywords:
desain flashcard, stunting, KARTUPASTing, edukasi, kesehatan masyarakatAbstract
Stunting masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia dengan prevalensi 21,6%. Studi ini bertujuan untuk menganalisis desain flashcard KARTUPASting sebagai media kampanye pencegahan stunting. Program KARTUPASTing (Kartu Pintar Anti Stunting) dirancang untuk meningkatkan pemahaman orang tua terkait stunting, terdiri dari 60 kartu flash berukuran A5 (11,5 x 8 cm). Setiap set terbagi dalam 15 kartu masing-masing untuk ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan balita usia 0-23 bulan, dan ibu dengan balita usia 24-59 bulan. Flashcard berisi panduan gizi, pencegahan stunting, tahapan tumbuh kembang, dan tips kesehatan. Didesain full color dengan gambar ilustratif, kartu ini mudah dipahami dan digunakan di posyandu serta rumah. Materi edukasi disajikan secara sederhana agar mudah diterapkan oleh orang tua. KARTUPASTing ini juga berguna untuk edukasi mandiri, alat bantu posyandu, dan pendampingan rumah tangga.
Downloads
References
Aisy, H.R., Riska, N. and Febriana, R. (2022) ‘Pengembangan Media Video sebagai Edukasi Stunting’, Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), pp. 134–40. Available at: https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1589.
Anggaraeni, F.D. and Pelia, S. (2022) ‘Flashcards: Metode Pembelajaran Efektif dan Efisien’, buletin.k-pin.org, p. 05 March. Available at: https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/990-flashcards-metode-pembelajaran-efektif-dan-efisien.
Dewi, L. (2018) ‘Merancang Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Addie Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Agar Menjadi Pustakawan Yang Beretika’, Edulib, 8(1), p. 99. Available at: https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10901.
Haryati, S. (2012) ‘Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam’, Academia, 37(1), p. 13.
Hidayat, F. and Nizar, M. (2021) ‘Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning’, Jurnal UIN, 1(1), pp. 28–37.
Maryanto, R.I.P. and Wulanata, I.A. (2018) ‘Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado’, Pedagogia, 16(3), p. 305. Available at: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073.
Muyasaroh, S. (2013) ‘Kampanye Perubahan Sosial (Kesadaran Masyarakat, Aspek Perubahan Kognitif dan Prilaku)’, HERITAGE: JOURNAL OF SOCIAL STUDIES, 2(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35891/heritage.v2i1.831.
Nugraha, R. and Budiwaspada, A.E. (2022) ‘Elemen Visual Pada Media Kampanye Terhadap Citra Personal Branding Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna dan Sahrul …’, Irama: Jurnal Seni Desain Dan …, 1, pp. 13–22. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/view/41205%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/download/41205/19909.
Sugiyono (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Wibowo, H. and Yuniarti, S. (2018) ‘Investigating the Effect of Flashcard on Grade Seven Students’ Vocabulary Acquisition’, Lingua, 1(02), pp. 45–55. Available at: https://doi.org/10.34005/lingua.v1i02.26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.