INOVASI PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA ARAB BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI TALKPAL AI
Keywords:
Inovasi, Kontruktivisme, Debat Bahasa Arab, TalkPal AIAbstract
Perkembangan teknologi yang cepat dan inovatif menjadi tantangan tersendiri. Apalagi di aplikasikan dalam dunia pendidikan, khususnya penggunaan TalkPal AI dalam pembelajaran debat bahasa Arab. TalkPal AI menawarkan pendekatan inovatif yang dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berdebat dan kefasihan bahasa Arab melalui umpan balik real-time. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas TalkPal AI dalam meningkatkan keterampilan debat bahasa Arab mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Populasi penelitian ini terdiri dari 28 mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 3, dengan sampel 12 mahasiswa dari kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83% responden merasa terbantu dengan penggunaan TalkPal AI, yang secara signifikan meningkatkan keterampilan berdebat dan kemampuan berbahasa mereka. Meskipun ada beberapa kendala teknis terkait jaringan internet, TalkPal AI memberikan pengalaman belajar yang lebih fleksibel, efektif, dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TalkPal AI merupakan inovasi yang efektif dalam mendukung pembelajaran debat bahasa Arab di kalangan mahasiswa
Downloads
References
Naseha SD. Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah di Perguruan Tinggi. Aphorisme J Arab Lang Lit Educ. 2022;3(2):52–68.
Mulyani WS, Razi F, Mulyana A. Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung. Tatsqifiy J Pendidik Bhs Arab. 2021 Jan 24;2(1):25.
Darman IH. Pengaruh Penerapan Metode Munazharah (Debat) Dalam Pembelajaran Muhadatsah III Di PBA STAIN Madina. Al Qalam J Ilm Keagamaan dan Kemasyarakatan. 2022;16(4):1422.
Azis M, Abdilah A. Innovative Strategies for Developing the Arabic Language Debate Community at FIT IAIN Surakarta. 2023;02(03):138–44.
Nurullawasepa M, Mandani NZ, Adawiyah R, Al Ayyubi S, Abdillah AA. AI (Artificial Intelligence) dalam Penerjemahan Teks Bahasa Arab. J SENRIABDI Semin Nas Has Ris dan Pengabdi. 2023;3(1):141–57.
Sakaroni R. Persepsi Siswa terhadap Integrasi Teknologi AI TalkPal dalam Pembelajaran Persepsi Siswa terhadap Integrasi Teknologi AI TalkPal dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 2024;(August).
Pratama AW. Penerapan Metode Qatar Debate Untuk. 2021;406–16.
Rachmayanti I, Alatas MA. Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN J Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2023;(November):214–26.
Lutfiyatun E, Kurniati D, Fajriah N. Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Tarjamah dan Muhadatsah Di Perguruan Tinggi. Balai Diklat Keagamaan Aceh [Internet]. 2023;2(2):93–105. Available from: https://seulanga.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/136
Fatimah M. Media Pembelajaran Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Debat Dalam Forum Diskusi Pada Masa Pandemi Covid-19. 2021; Available from: http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/uydph
Muttaqien A, Faedurrohman F. Strategi Pelatihan Bahasa Arab dengan Metode Debat bagi Mahasiswa Komunitas Al-Kindy di Pusat Ma’had Al-Jaami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Al-Muyassar J Arab Educ. 2022;1(1):41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.