PENDAMPINGAN PENGUATAN SELF REGULATED LEARNING SISWA DENGAN WORDWALL SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Keywords:
Self Regulated Learning, Wordwall, EvaluasiAbstract
Evaluasi merupakan bagian terpenting dari proses pembelajaran yang berperan mengetahui sejauhmana ketercapaian belajar siswa. Dalam proses evaluasi, siswa diharapkan mampu memiliki kemampuan Self Regulated Learning yang baik agar siswa mengetahui kemampuan yang telah dimiliki. Pendampingan siswa dalam menggunakan game wordwall ini bertujuan memudahkan siswa meningkatkan kemampuan SRL nya yang akan berdampak positif pada peningkatan hasil belajarnya. Pendampingan ini menggunakan metode Service Learning dengan tahap tahap analisis situasi sebagai proses investigasi, lalu mempersiapkan kegiatan pelatihan, mendampingi siswa dan kegiatan terakhir yakni refleksi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa 69% dari siswa merasa sangat puas akan kegiatan pendampingan ini dan 22% dari siswa menunjukkan rasa puas. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi peningkatkan kemampuan SRL siswa yang berdampak positif pada peningkatan prestasinya, Hal ini merupakan salah satu cara untuk memperkuat profil pancasila siswa
Downloads
References
Febrianto, P. T., Arianto, F., Kurniawan, D., & Subastian, E. (2023). Pembelajaran untuk Meningkatkan Self Regulated Learning dan Self Efficacy dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 1(11), 1–1.
Kamal, H. (2022). The Influence of Online Game on The Learners’ Arabic Vocabulary Achievement. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Khaira, M. (2021). The Effectiveness of Crossword Puzzle in Improving Mufradat Skills. Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal, 1(2), 55–62. https://doi.org/10.31869/aflj.v1i2.2864
Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar : Jurnal Psikologi, 37(1), 110–129.
Nurvicalesti, N., Ratnasari, R., & Mariska, S. R. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Self-Regulated Learning (SRL) Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 21702–21707. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9758
Pratitis, N. T., & Cahyanti, Reni Oktaviana, F. (2019). The Relationship Between Self Regulated Learning and Social Support with Academic Procrastination in Students during the Pandemic. Proceeding International Seminar of Multicultural Psychology (ISMP 1st) Faculty of Psychology Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 35–41.
Puspita, S. A. L., & Rustika, I. M. (2018). Peran Self-Regulated Learning dan Konsep Diri terhadap Prestasi Prestasi Universitas Udayana yang pernah menjadi Finalis Bali Pageant. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 1–11.
Qomariyah, L., Rusuly, U., & Deviana, A. D. (2021). READING SKILLS ABILITY FOR ARABIC LANGUAGE AND تجتنأ ةيرظن ساسأ ىلعو ةمئاقلا تافاقثلا نم اهؤانبو اهريوطت تم ، ةيكيمانيد ةفاقث وه ميلعتلا ةمدقلما لىإ ) ملعلما ىلع زك ري ميلعت ( سوردلما ميلعتلا جذونم يريغت . ديدج جذونم ءانب لىإ ةجالحا انه نم . قباسلا في . ي. 9(2), 237–252.
Rohmawati, S. (2019). Penerapan Hasil Modifikasi Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 165. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.141
Sutikno. (2016). Kontribusi Self Regulated Learning dalam Pembelajaran. Dewantara, 2(2, September), 148–162.
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107
Zahary, M. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Self Regulated Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 24(Pasal 3), 163–168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.