MELESTARIKAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA DI MTsN 17 JOMBANG

Authors

  • Nur ‘azah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Abdullah Aminuddin Aziz Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Muhammad Al Fatih Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Laily Masruroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Muh. Ibnu Sholeh STAI Kh Muhammad Ali Shodiq Tulungagung

Keywords:

Melestarikan, Budaya dan Kearifan Lokal, P5, Kurikulum Merdeka

Abstract

Budaya dan kearifan lokal adalah kekayaan bangsa perlu dilestarikan agar tidak punah. Budaya didefinisikan suatu keseluruhan komplek meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat. Sedangkan kearifan lokal sebagai ciri khas etika dan nilai budaya masyarakat lokal yang diwariskan turun temurun atau pengetahuan asli suatu masyarakat berasal dari nilai luhur tradisi budaya untuk mengatur tatanan kehifupan masyarakat.

Penelitian bertujuan menganalisis, menemukan gambaran pelaksanaan, model pembinaan, evaluasi pembinaan siswa dalam pelestarian budaya dan kearifan lokal melalui P5 Kurikulum Merdeka di MTsN 17 Jombang menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Sumber data langsung dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Waka kesiswaan, Waka Humas, Waka sarana dan prasarana serta Panitia Kegiatan Gelar P5, Wali kelas dan Siswa. Pengumpulan data dokumen kegiatan P5, kegiatan pembinaan P5, serta proses evaluasi pembinaan P5 dan dokumen lainnya yang sesuai dengan rumusan permasalahan. Keabsahan data dikonfirmasi dengan hasil penelitian memanfaatkan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan temuan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(4), 375-390.

Dewi, H. 2021. Implementasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah: Studi Kasus di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(1), 12-23.

Mahfud, C. 2020. Pendidikan Multikultural: Upaya Melestarikan Keberagaman Budaya Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiastuti, S. 2021. Transformasi Pendidikan Budaya Lokal di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(2), 310-325.

Ginting, R. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila: Perspektif Pendidikan Nasional Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, E. 2019. Kearifan Lokal sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 199-212.

Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wardani, R. 2019. Peran Guru dalam Pelestarian Budaya Lokal Melalui Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24 (3), 245-258

Gusnawati, A. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fadli, M. 2020. Pendidikan Berbasis Budaya di Sekolah Menengah: Pengembangan dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kemdikbud. 2021. Kebijakan Pendidikan dan Kearifan Lokal: Pedoman Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2020. Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan, N. 2020. Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hidayat, R. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Nugroho, A. 2019. Revitalisasi Tradisi Lokal Melalui Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 13(1), 45-58

Nurdin, M. 2019. Kearifan Lokal dalam Perspektif Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Multikulturalisme, 8(1), 65-78

Iskandar, M. 2018. Pengembangan Kurikulum Berbasis Budaya Lokal: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Arifin, Z. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Pengembangan di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno, W., & Widodo, H. 2018. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers

Gusnawati, A. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo.

UNESCO. 2003. Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. Paris: UNESCO.

Yamin, M. 2017. Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sarana Pelestarian Budaya. Yogyakarta: Deepublish.

Sukardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mahfud, C. 2020. Pendidikan Multikultural: Upaya Melestarikan Keberagaman Budaya Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. 1985. Naturalistic Inquiry. SAGE Publications.

Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. 1989. Fourth Generation Evaluation. Newbury Park, CA: Sage Publications.

Taylor, S. J., Bogdan, R., & DeVault, M. 2016. Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource (4th ed.). John Wiley & Sons.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (5th ed.). Pearson.

Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group.

Yin, R. K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.

Brown, J. S. 2007. The Power of Context in Learning. Retrieved from https://www.edutopia.org/power-context-learning

Tuan, M. 2011. The Role of Traditional Music in Cultural Identity. Journal of Music Therapy, 48(4), 418-428.

Hoadley, M. 2005. Crafts and Traditions: The Role of Crafting in Cultural Preservation. Journal of Cultural Heritage, 6(2), 124-136.

Schein, E. H. 2004. Organizational Culture and Leadership. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Darling-Hammond, L., & Bransford, J. 2005. Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Should Learn and Be Able to Do. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. 2000. The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Epstein, J. L. 2018. School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: Westview Press.

Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Coleman, J. S. 1998. Social Capital in the Creation of Human Capital. American Journal of Sociology, 94, S95-S120.

Creswell, J. W. 2013. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

‘azah, N., Aziz, A. A., Fatih, M. A., Pratiwi, E. Y. R., Masruroh, L., & Sholeh, M. I. (2024). MELESTARIKAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA DI MTsN 17 JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 69–77. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8376