PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA RESPONSIF NILAI-NILAI KH. HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG

Authors

  • Ahmad Faizi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Eko Hardinanto Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Fani Indrawan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Prima Widya Asteria Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran, responsif, nilai-nilai, lokalitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keragaman budaya yang diadaptasi di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya nilai-nilai pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari Tebuireng. Penelitian ini merupakan etnokritik. Data-data yang digunakan adalah data kebahasan berupa tuturan guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teori etnokritik. Peneliti mendeskripsikan nilai-nilai (budaya) yang ada di dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP AWH. Selain itu, peneliti juga menyampaikan komentar kritis terhadap deskripsi data. Temuannya, pembelajaran bahasa Indonesia di SMP AWH dilaksanakan secara aktif integratif. Ada tiga nilai yang diadaptasi di dalam pembelajaran, yaitu: nilai-nilai keterbukaan, nilai-nilai kebersamaan, dan nilai-nilai tasamuh. Nilai-nilai tersebut dimanfaatkan oleh guru untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, interaktif, dan penuh kasih sayang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allesandro, D. (2015). Linguistic Anthropology. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (First Publ). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.53060-8

Arifin, M. Z., Ghofur, A., Latif, A., Arifin, M. Z., Ghofur, A., Latif, A., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI. 5(2), 111–129.

Azizah, N. (2023). Pemikiran KH Hasyim Asy’ari tentang Konsep Pendidikan. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.805

Devianty, R. (2017). Jurnal Ijtimaiyah-ok. Jurnal Pendidikan IPS, 1(2).

Faizi, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal: Kajian Etno Kritis. Cakrawala, 08, no. 02, 168–180. https://doi.org/https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.1229

Gay, G. (2000). James A . Banks , Series Editor Culturally Responsive Teaching : Theory , Research , and Practice The Children Are Watching : How the Media Teach About Diversity Race and Culture in the Classroom : Teaching and Learning Through Multicultural Education The.

Gay, G. (2010). A personal case of culturally responsive teaching praxis. In Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. (pp. 215–235).

Gay, G. (2015). Culturally Responsive Teaching Principles, Practices, and Effects. Handbook of Urban Education, 10872. https://doi.org/10.4324/9780203094280.ch19

Hanurawan, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. RajaGrafindo Persada.

Harlina, & Wardarita, R. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Hatch, J. A. (2002). Doing qualitative research in education settings. State University of New York Press, Albany.

Hilmiati, H., & Rahmat, H. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teks anekdot resposif nilai budaya Sasak. El-Midad : Jurnal PGMI, 14(1), 98–120. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/

Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Literasi Pedagogi (SRADA) III, 24–31. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/470

Ladson-Billings, G. (1995a). But that’s just good teaching! the case for culturally relevant pedagogy. Theory Into Practice, 34(3), 159–165. https://doi.org/10.1080/00405849509543675

Ladson-Billings, G. (1995b). But that’s just good teaching! The case for culturally relevant pedagogy. Theory into Practice, 34(3), 159–165.

Mukhlis. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari. Jurnal As-Salam, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.170

Muñiz, J. (2019). Culturally Responsive Teaching A 50-State Survey of Teaching Standards. March.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Pilo, N. (2019). Pemikiran Pendidikan K.H. Muhammad Hasyim Asy’Ari. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 205. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.31

Robert V. Cozinets. (2010). Netnography: Doing ethnographic research online. In SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.2501/S026504871020118X

Rohmawati, D. Y. (2024). Implementasi pendekatan crt. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September).

Roofe, C. (2018). Why can’t everyone pass? Context responsive teaching and learning in urban primary schools. Pedagogy, Culture and Society, 26(3), 449–466. https://doi.org/10.1080/14681366.2017.1417893

Sampieri, R. H. (2008). Qualitative Research in Education: Explorations in Ethnography Series. Vs Verlag Fur Sozialwissenschaften.

Sharp, M. M. G. (2011). Globalization, Colonialism, and Postcolonialism. In The Wiley-Blackwell Companion to Practical Theology. https://doi.org/10.1002/9781444345742.ch40

Siswanto, D. H., Kuswantara, H., & Wahyuni, N. (2024). Implementation of Problem Based Learning Approach Culturally Responsive Teaching to Enhance Engagement and Learning Outcomes in Algebraic Function Limit Material. 12(1), 80–88.

Spradley, J. P. (1979). The ethnographic interview. Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Taylor, S. V. dan D. M. S. (2011). Culturally Responsive Pedagogy: Teaching Like Our Students’ Lives Matter (Firstediti). Emerald Group Publishing Limited.

Thomas, J. (1993). Livro - Thomas - Doing Critical Ethnography. SAGE Publications.

Villegas, A. M. (1991). Culturally Responsive Pedagogy for the 1990s and Beyond. Trends and Issues Paper No. 6. (Issue Trends and Issues Paper).

Villegas, A. M., & Lucas, T. (2002). Preparing culturally responsive teachers rethinking the curriculum. Journal of Teacher Education, 53(1), 20–32. https://doi.org/10.1177/0022487102053001003

Wahyono, S. B. (2006). Studi Etnografi untuk Pendidikan Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2(1), 1–15. https://eprints.uny.ac.id/700/1/Studi_Etnografi_untuk_Pendidikan_Perkotaan_dan_- Pedesaan.pdf

Wati, T., Sari, I. S., & Andriani, O. (2024). Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. 4(1).

Zamani, N., & Inayatul Ilahiyah, I. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Pesantren Tebuireng. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 7(1), 14–20. https://doi.org/10.26555/almisbah.v7i1.1128

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Faizi, A., Hardinanto, E., Dwinata, A., Indrawan, F., & Asteria, P. W. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA RESPONSIF NILAI-NILAI KH. HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 54–61. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8354