RESPON MAHASISWA KPI UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI TERHADAP UJI COBA BUKU PANDUAN PODCAST RESPON MAHASISWA KPI UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI TERHADAP UJI COBA BUKU PANDUAN PODCAST

Authors

  • Ainun Fitri Mughiroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Robi’ah Machtumah Malayati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Anwari Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Moh. Slamet Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Ahmad Fakhruddin Fajrul Islam Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Bambang Sujatmiko Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Keywords:

Podcast, Buku Panduan, Respon Mahasiswa, Komunikasi dan Penyiaran Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Hasyim Asy'ari terhadap uji coba penggunaan buku panduan produksi podcast. Buku panduan ini dirancang sebagai alat bantu pembelajaran dalam mata kuliah produksi podcast, dengan fokus pada pemahaman konsep, teknik produksi, dan keterampilan praktis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengukur persepsi mahasiswa terkait kejelasan materi, kemudahan penggunaan, serta dampak buku panduan terhadap kemampuan mereka dalam memproduksi podcast. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan respon positif, dengan penilaian tinggi pada aspek kejelasan panduan dan peningkatan pemahaman teknik produksi. Namun, terdapat beberapa masukan terkait penyederhanaan istilah teknis dan penambahan contoh praktis dalam buku panduan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku panduan produksi podcast dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam produksi podcast, namun masih memerlukan beberapa perbaikan untuk lebih optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin (2023) Pengertian Buku Panduan, isi dan Langkah-langkah Pembuatannya, Ruang Buku. Available at: https://ruangbuku.id/artikel/pengertian-buku-panduan-isi-dan-langkah-langkah-pembuatannya/.

Ahmad Husein et al. (2024) ‘Podcast Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), pp. 104–116. Available at: https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i1.65.

Anita, F., Meliasari, R. and Syahadati, E. (2023) ‘Implementasi Podcast dalam Mata Kuliah Public Speaking’, Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), pp. 446–454. Available at: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4752.

Fitri, S.L. et al. (2023) ‘Podcast pada Kalangan Mahasiswa dapat mendorong kreativitas dalam pengembangan soft Skill’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Sultan Indonesia, 1(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.58291/abdisultan.v1i1.201.

Gogali, V.A. and Tsabit, M. (2020) ‘Eksistensi Radio Dalam Program Podcast di Era Digital Konten’, Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), pp. 64–73. Available at: https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1713.

Herdiana, A. (1970) ‘Paradigma Keilmuan Kpi Dalam Perspektif Dakwah’, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), pp. 310–322. Available at: https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.951.

Hutabarat, P.M. (2020) ‘PENGEMBANGAN PODCAST SEBAGAI MEDIA SUPLEMEN Jurnal Sosial Humaniora Terapan’, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), pp. 107–116. Available at: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol2/iss2/11/.

Karunianingsih, D.A. (2023) ‘Podcast Video dan Strategi Pemilihan Konten dalam Times Indonesia Podcast pada Times TV Jogja’, Jurnal Pekommas, 8(1), pp. 77–86. Available at: https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i1.4996.

Kusmiarti, R. et al. (2023) ‘Respon Mahasiswa dan Dosen terhadap Modul Sintaksis Bahasa Indonesia berbasis STEAM (Student and lecturer responses to STEAM-based Indonesian syntax modules)’, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), pp. 176–188.

Lestari, D. and Fatonah, K. (2021) ‘Pemanfaatan Media Podcast Dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas Iv Di Sdn Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat’, Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin, 4, pp. 298–305.

Mahyani, A. et al. (2022) ‘Inovasi Teknologi Pendidikan Melalui Podcast Sebagai Suplemen Pembelajaran di Sekolah Aang Mahyani’, Tsamratul FikrI, 16(2), pp. 117–126. Available at: https://doi.

Marbun, C.M. (2022) ‘Creating Podcast As Project Based Learning in Antasari State Islamic University 2022 Creating Podcast As Project Based Learning in Public Speaking Class’.

Masruroh, S.A. et al. (2023) Dokumen Kurikulum 2023 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jombang: Fakultas Agama Islam UNHASY.

Peny Meliaty Hutabarat (2020) ‘Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Jurnal Sosial Humaniora Terapan’, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), pp. 107–116. Available at: https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewcontent.cgi?article=1056&context=jsht.

Prawiyogi, A.G. et al. (2021) ‘Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(1), pp. 446–452. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787.

Putri, D. et al. (2024) Komunikasi penyiaran islam, Penerbit Widina. Edited by Aas Masruroh. Penerbit Widina.

Sugiyono (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Zamroni, M. (2015) ‘Epistemologi Dan Rumpun Keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam’, Informasi, 45(1), pp. 73–86. Available at: https://doi.org/10.21831/informasi.v45i1.7772.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Mughiroh, A. F., Malayati, R. M., Anwari, Slamet, M., Islam, A. F. F., & Sujatmiko, B. (2024). RESPON MAHASISWA KPI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI TERHADAP UJI COBA BUKU PANDUAN PODCAST RESPON MAHASISWA KPI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI TERHADAP UJI COBA BUKU PANDUAN PODCAST. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 47–53. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8353