PENDAMPINGAN GERAKAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI TAHSIN AL QUR’AN DI DESA CARANG WULUNG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Nur ‘azah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Abdullah Aminuddin Aziz Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Muhammad Al Fatih Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Masrokhin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Lik Anah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Keywords:

Cinta al Qur’an, tahsin al Qur’an

Abstract

Pendampingan Gerakan Cinta Al-Qur’an melalui Tahsin Al Qur’an di Desa Carang Wulung Wonosalam Jombang, meropidan PkM dosen bersama mahasiswa MBKM UNHASY Tebuireng Jombang. Tujuan PkM sebagai salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melakukan masjid atau mushalla, dan tetap memotivasi belajar membaca Al Qur’an dengan benar. Pertemuan pertama tim dosen dan mahasiswa observasi di beberapa TPQ, Adapun permasalahan kegiatan PkM adalah: Mitra belum sepenuhnya paham pentingnya membaca al Qur’an dengan benar, belum memahami tahsin Bacaan al Qur’an dalam shalat bagian dari fikih ibadah dan mitra belum memahami gerakan cinta al Qur’an sebagai dasar cinta membaca al Qur’an sekaligus dapat menyempurnakan shalat. Solusi yang ditawarkan: Mengimplementasikan, mengaktualisasikan dan mengoptimalkan mitra meningkatkan pemahaman tahsin al Qur’an serta memberikan kesempatan mitra secara maksimal memberdayakan SDMnya sebagai Agent of Change dalam kegiatan cinta al Qur’an. Hasil PkM: mitra dapat membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dengan kaidah ilmu tajwid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suherman, 2027. Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jurnal ANSIRU PAI: Jurnal Perkembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/1012.

Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang. Dimas : Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 13, no 2, 387-404

Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020a). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6, 185–192. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24024Husin, Husin, and Muhammad Arsyad. 2022. “Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah.” Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits 1 (1): 16. https://doi.org/10.35931/am.v1i1.939

Nindi Nadia, Sabar Analisis Zega, Thoriq Hartawan Salim, Muhammad Abriel, Nurul Fadia Prameswari, Puan Dinaphia Yunan. Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an dengan Metode Tahsin dan Tajwid. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 26 Oktober 2023. E-ISSN:2714-6286

Firmansyah, Mukti Ali dkk 2022. Pelatihan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tahsin Tilawah untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Siswa SMA Muhammdiyah 1 Jombang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemeberdayaan Volume 22 No. 1, Mei 2022. DOI: 10.21580/dms.2022.221.10844

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546

Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 26. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216

Angraini, H., Wahyuni, S., & Rosmaimuna Siregar. (2023). Pengaruh Metode Tahsin Al- Qur ’ an Terhadap Penguasaan Makharijul Huruf Peserta Didik di BAN Samoh School Provinsi Narathiwat, Thailand. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 979–990.

Doriza, N. R., Yusro, N., & Ristianti, D. H. (2023). Implementasi Program Kokurikuler Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 10(1), 89–109. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.566

Husin, & Arsyad, M. (2022). Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.939

Sulaeman, S. F., Pangestu, U. P., & Azura, Y. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Tahsin Tilawah Dengan Metode Fashatullisan Syeikh Khanova Maulana Di Ma’had Tahfidz Al-Fath Bandung. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 129–141. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.363

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

‘azah, N., Aziz, A. A., Fatih, M. A., Masrokhin, & Anah, L. (2024). PENDAMPINGAN GERAKAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI TAHSIN AL QUR’AN DI DESA CARANG WULUNG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 33–38. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8351