FAKTOR-FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Sayid Ma’rifatulloh Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Mukminatus Zuhriyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Soo Kum Yoke Universiti Teknologi MARA, Negeri Sembilan branch, Rembau Campus, Malaysia
  • Nur Izzah Jamil Universiti Teknologi MARA, Negeri Sembilan branch, Rembau Campus, Malaysia
  • Noor Dina Ahmad Universiti Teknologi MARA, Negeri Sembilan branch, Rembau Campus, Malaysia

Keywords:

Gaya belajar orang dewasa, Faktor kesuksesan dalam pembelajaran, Strategi instruksional, Hasil pembelajaran

Abstract

Systematic Literature Review ini mengkaji faktor-faktor kunci yang mempengaruhi hasil belajar orang dewasa, dengan fokus pada aspek pembelajaran, instruksional, dan kontekstual. Faktor-faktor terkait pelajar, seperti motivasi, regulasi emosional, otonomi, dan pengalaman hidup, menyoroti pentingnya memahami karakteristik unik pelajar dewasa. Aspek instruksional, termasuk metode pengajaran interaktif, pendekatan yang dipersonalisasi, umpan balik tepat waktu, dan integrasi teknologi, menekankan perlunya strategi pendidikan yang menarik dan fleksibel. Faktor kontekstual, seperti lingkungan belajar yang mendukung, pertimbangan sosial-ekonomi, dan integrasi tempat kerja, menggarisbawahi peran keadaan eksternal dalam membentuk pengalaman belajar. Temuan ini mengungkapkan keterkaitan faktor-faktor ini dan mengusulkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi pendidik, institusi, dan peneliti untuk meningkatkan praktik pendidikan orang dewasa. Studi ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika pembelajaran orang dewasa, menawarkan wawasan untuk mendorong lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif yang memenuhi beragam kebutuhan pelajar dewasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Sayid Ma’rifatulloh, Mukminatus Zuhriyah, Soo Kum Yoke, Nur Izzah Jamil, & Noor Dina Ahmad. (2024). FAKTOR-FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 483–490. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8322