FAKTOR-FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Keywords:
Gaya belajar orang dewasa, Faktor kesuksesan dalam pembelajaran, Strategi instruksional, Hasil pembelajaranAbstract
Systematic Literature Review ini mengkaji faktor-faktor kunci yang mempengaruhi hasil belajar orang dewasa, dengan fokus pada aspek pembelajaran, instruksional, dan kontekstual. Faktor-faktor terkait pelajar, seperti motivasi, regulasi emosional, otonomi, dan pengalaman hidup, menyoroti pentingnya memahami karakteristik unik pelajar dewasa. Aspek instruksional, termasuk metode pengajaran interaktif, pendekatan yang dipersonalisasi, umpan balik tepat waktu, dan integrasi teknologi, menekankan perlunya strategi pendidikan yang menarik dan fleksibel. Faktor kontekstual, seperti lingkungan belajar yang mendukung, pertimbangan sosial-ekonomi, dan integrasi tempat kerja, menggarisbawahi peran keadaan eksternal dalam membentuk pengalaman belajar. Temuan ini mengungkapkan keterkaitan faktor-faktor ini dan mengusulkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi pendidik, institusi, dan peneliti untuk meningkatkan praktik pendidikan orang dewasa. Studi ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika pembelajaran orang dewasa, menawarkan wawasan untuk mendorong lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif yang memenuhi beragam kebutuhan pelajar dewasa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.