MENGAJAR INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PEMROGRAMAN “SCRATCH” : PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN MALAYSIA
Keywords:
Guru sekolah dasar, Media ajar interaktif, Pembelajaran kreatif, Scratch, Teknologi pendidikanAbstract
Program pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Scratch telah dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia dalam menciptakan media ajar berbasis teknologi. Scratch, sebagai aplikasi pemrograman visual, memungkinkan guru mendesain pembelajaran interaktif yang kreatif dan menarik. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru, terutama dalam mendesain materi ajar yang relevan dan efektif. Beberapa guru yang telah mengimplementasikan Scratch di kelas melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa, didukung oleh visualisasi yang mempermudah pemahaman konsep. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pengalaman guru dalam teknologi menjadi hambatan utama. Solusi berupa pendampingan intensif melalui diskusi daring dan modul pelatihan membantu mengatasi kendala tersebut. Program ini menunjukkan potensi besar Scratch dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Diperlukan pelatihan lanjutan dan dukungan dari pihak sekolah untuk memastikan keberlanjutan program dan memperluas dampaknya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.