MENGAJAR INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PEMROGRAMAN “SCRATCH” : PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN MALAYSIA

Authors

  • Sayid Ma’rifatulloh Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Maskhurin Fajarina Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Eko Hardinanto Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Mukminatus Zuhriyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Ria Kamilah Agustina Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Keywords:

Guru sekolah dasar, Media ajar interaktif, Pembelajaran kreatif, Scratch, Teknologi pendidikan

Abstract

Program pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Scratch telah dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar di Indonesia dan Malaysia dalam menciptakan media ajar berbasis teknologi. Scratch, sebagai aplikasi pemrograman visual, memungkinkan guru mendesain pembelajaran interaktif yang kreatif dan menarik. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru, terutama dalam mendesain materi ajar yang relevan dan efektif. Beberapa guru yang telah mengimplementasikan Scratch di kelas melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa, didukung oleh visualisasi yang mempermudah pemahaman konsep. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pengalaman guru dalam teknologi menjadi hambatan utama. Solusi berupa pendampingan intensif melalui diskusi daring dan modul pelatihan membantu mengatasi kendala tersebut. Program ini menunjukkan potensi besar Scratch dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Diperlukan pelatihan lanjutan dan dukungan dari pihak sekolah untuk memastikan keberlanjutan program dan memperluas dampaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Sayid Ma’rifatulloh, Maskhurin Fajarina, Eko Hardinanto, Muhammad Nuruddin, Mukminatus Zuhriyah, & Ria Kamilah Agustina. (2024). MENGAJAR INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PEMROGRAMAN “SCRATCH” : PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN MALAYSIA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 478–482. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8321