HAMBATAN BAHASA TERHADAP PENGALAMAN AKADEMIK DAN SOSIAL MAHASISWA INTERNASIONAL: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Keywords:
Hambatan bahasa, Integrasi sosial, Mahasiswa internasional, Tantangan akademikAbstract
Systematic Literature Review ini mengkaji dampak hambatan bahasa pada pengalaman akademik dan sosial mahasiswa internasional. Menyoroti tantangan seperti pemahaman yang terbatas, partisipasi yang terbatas dalam tugas akademik, dan isolasi sosial, tinjauan ini menekankan peran penting kemahiran bahasa dalam adaptasi mahasiswa. Efek emosional dan psikologis, termasuk stres dan penurunan kepercayaan diri, semakin menghambat integrasi dan keberhasilan akademik. Meskipun lembaga menawarkan program dukungan, seringkali tidak memadai atau tidak selaras dengan kebutuhan yang beragam. Ulasan ini mensintesis temuan dari 14 penelitian, mengkategorikannya ke dalam tantangan akademik, kesulitan integrasi sosial, dan dampak emosional. Ini juga mengidentifikasi kebutuhan akan dukungan bahasa yang disesuaikan, praktik pengajaran penyertaanf, dan inisiatif kesehatan mental yang lebih baik untuk mengatasi hambatan ini. Rekomendasi diusulkan bagi institusi, pembuat kebijakan, dan peneliti untuk menciptakan lingkungan yang mendukung yang meningkatkan pengalaman mahasiswa internasional. Pekerjaan ini menggarisbawahi sifat saling berhubungan dari tantangan ini dan mengadvokasi strategi spesifik konteks untuk mendukung demografi yang terus berkembang ini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.