PENGARUH PROYEK DRAMA MUSIKAL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN JOMBATAN 3 JOMBANG
Keywords:
proyek drama musikal, profil pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proyek drama musikal terhadap penguatan profil pelajar Pancasila pada siswa SDN Jombatan 3 Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Jombatan 3 Jombang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik yang merupakan sampel populasi. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 21. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari proyek drama musikal terhadap penguatan profil pelajar Pancasila. Dimana nilai signifikan thitung (5% = 170,592) lebih besar dari pada ttabel (0,361) dan pada taraf signifikan 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian hipotesis alternative Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang sangat besar dari proyek drama musikal terhadap penguatan profil pelajar Pancasila pada siswa di SDN Jombatan 3 Jombang, dilihat dari perhitungan nilai koefisien determinasi sebesar 85% pengaruh tersebut. Pada pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini tentunya dibutuhkan kerja sama antar siswa. Dalam hal ini, terlihat jelas bahwa karakter gotong royong dan kreativitas termasuk ke dalam dua karakter penting dalam mengerjakan sebuah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong stswa menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.