Analisis Kebutuhan Pelatihan Penyusunan Program Kerja Sekolah Berbasis Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang

Authors

  • Suwandi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Erika Mei Budiarti Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Lukman Hakim Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Abdullah Aminuddin Aziz Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Moh Syamsul Falah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Asep Kurniawan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Keywords:

pelatihan, program kerja sekolah, mutu pendidikan, indikator kinerja utama

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di sekolah membutuhkan program kerja yang terencana dan terstruktur sesuai dengan standar pendidikan nasional. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan dalam penyusunan program kerja sekolah berbasis mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian survei dengan tenaga pendidik dan pengelola sekolah guna mengidentifikasi kesenjangan kompetensi dan kebutuhan khusus dalam penyusunan program kerja. Hasil analisis menunjukkan adanya kebutuhan terhadap pelatihan dalam aspek pemahaman mutu pendidikan, teknik penyusunan indikator kinerja utama (IKU), dan kemampuan manajemen berbasis data. Selain itu, disarankan metode pelatihan interaktif, seperti workshop dan simulasi yang memungkinkan peserta untuk mempraktikkan keterampilan secara langsung. Dengan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan ini, pelatihan diharapkan dapat membantu sekolah menyusun program kerja yang lebih efektif dan terarah untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Suwandi, Erika Mei Budiarti, Lukman Hakim, Abdullah Aminuddin Aziz, Moh Syamsul Falah, & Asep Kurniawan. (2024). Analisis Kebutuhan Pelatihan Penyusunan Program Kerja Sekolah Berbasis Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 405–413. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8312