MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS KEARIFAN LOKAL:PENINGKATAN CREATIVE THINKING SKILL PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Fitri Umardiyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Olivia Eka Devinta Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • M. Qoyum Zuhriawan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

missouri mathematics project, kearifan lokal, reative thinking skill, profil pelajar Pancasila

Abstract

Pembelajaran matematika seyogyanya tidak hanya berfokus pada aspek kognitif tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif juga termasuk dalam fokus pemerintah dalam mengembangkan nilai Profil Pelajar Pancasila. Nilai kreatif juga dapat dikombinasikan dengan nilai kebhinekaan global melalui penenalan budaya kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan creative thinking skill siswa. Penelitian ini . Instrumen yang digunakan adalah modul ajar, proyek Batik Jombanga, angket, dan tes (pretest dan posttest). Subyek penelitian adalah siswa SMPN 1 Tembelang sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan creative thinking skill siswa pada pembelajaran matematika tranformasi geometri yang dilaksanakan melalui pembelajaran MMP berbasis kearifan lokal. Kesimpulan tersebut berdasar pada hasil uji T pretest dan posttest dimana nilai signifikansi yang dihasilkan 0.000 lebih kecil dari taraf kesalahan yang digunakan yaitu 0.05. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa dapat berekspresi sesuai kreativitas , dapat menjawab berbeda-beda dengan teman melalui proyek Batik Jombangan yang open ended, merasa tertantang, dan tidka bosan saat mengerjakan proyek berbasis kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Fitri Umardiyah, Olivia Eka Devinta, & M. Qoyum Zuhriawan. (2024). MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS KEARIFAN LOKAL:PENINGKATAN CREATIVE THINKING SKILL PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 383–391. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8309