MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS KEARIFAN LOKAL:PENINGKATAN CREATIVE THINKING SKILL PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
missouri mathematics project, kearifan lokal, reative thinking skill, profil pelajar PancasilaAbstract
Pembelajaran matematika seyogyanya tidak hanya berfokus pada aspek kognitif tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif juga termasuk dalam fokus pemerintah dalam mengembangkan nilai Profil Pelajar Pancasila. Nilai kreatif juga dapat dikombinasikan dengan nilai kebhinekaan global melalui penenalan budaya kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan creative thinking skill siswa. Penelitian ini . Instrumen yang digunakan adalah modul ajar, proyek Batik Jombanga, angket, dan tes (pretest dan posttest). Subyek penelitian adalah siswa SMPN 1 Tembelang sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan creative thinking skill siswa pada pembelajaran matematika tranformasi geometri yang dilaksanakan melalui pembelajaran MMP berbasis kearifan lokal. Kesimpulan tersebut berdasar pada hasil uji T pretest dan posttest dimana nilai signifikansi yang dihasilkan 0.000 lebih kecil dari taraf kesalahan yang digunakan yaitu 0.05. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa dapat berekspresi sesuai kreativitas , dapat menjawab berbeda-beda dengan teman melalui proyek Batik Jombangan yang open ended, merasa tertantang, dan tidka bosan saat mengerjakan proyek berbasis kearifan lokal
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.