ANALISIS PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI MATA PELAJARAN NISAIYYAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI

Authors

  • Nur Hadi Ihsan Pascasarjana, Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Darussalam Gontor
  • Afifah Fauziah Pascasarjana, Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Pembelajaran Akhlak, Mata Pelajaran Nisaiyyah, Pondok Modern Darussalam Gontor

Abstract

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia, berperan penting dalam membina karakter dan moral, sebagaimana yang dilakukan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri. Dengan sistem pendidikannya, Gontor Putri menitikberatkan pembentukan karakter dan akhlak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi yang diajarkan, proses belajar-mengajar, metode yang diterapkan, serta kegiatan spesifik dalam Materi Nisaiyyah yang digunakan di Gontor Putri untuk mendukung pembentukan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik analisis konten untuk memahami secara mendalam fenomena yang diteliti, sehingga penarikan kesimpulan mengandalkan interpretasi manual tanpa analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi Nisaiyyah mencakup topik seperti fiqih wanita, etiket, psikologi wanita, teori-teori keputrian, keterampilan praktis, serta kebersihan dan kesehatan. Tiga metode pembelajaran utama yang diterapkan adalah metode ceramah interaktif, metode praktik, dan metode keteladanan. Kegiatan pendukung lainnya meliputi klub keterampilan, kursus keterampilan antar rayon, Duta Nisaiyyah,Skill Ambassador, Fun Friday.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Nur Hadi Ihsan, & Afifah Fauziah. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI MATA PELAJARAN NISAIYYAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 370–376. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8307