PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN DRAMA DENGAN PENDEKATAN PROYEK BASED LEARNING : SEBUAH KAJIAN EDUKATIF
Keywords:
project based learning, metode pembelajaranAbstract
Pendidikan di era modern menuntut keterampilan literasi yang lebih kompleks, yang meliputi kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif. Keterampilan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk memahami dan menganalisis beragam informasi. Project-Based Learning (PBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi mahasiswa dengan melibatkan mereka dalam proyek-proyek kontekstual yang menekankan pemecahan masalah nyata.Objek penelitian ini adalah pembelajaran atau perkuliahan Apresiasi Sastra dengan subjek mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra semester 1 Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yang berjumlah 28 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan antara pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam pembelajaran proses mahasiswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena menggunakan metode ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.