MENYONGSONG MASA DEPAN: KOMPETISI BUSINESS PLAN SEBAGAI GERBANG PENCIPTA LAPANGAN KERJA INOVATIF
Keywords:
Kewirausahaan, siswa-siswi, Inovasi, KompetisiAbstract
Pelaksanaan SBC Entrepreneur Competition oleh PT SBC Group dan Universitas PGRI Jombang bertujuan mendorong semangat kewirausahaan di kalangan pelajar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Jombang. Kompetisi ini melibatkan 750 siswa dari 334 tim yang berkompetisi melalui tahapan seleksi proposal bisnis, tes berbasis komputer, dan final cerdas cermat. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi peserta dalam analisis pasar, manajemen risiko, dan presentasi bisnis, serta melibatkan berbagai pihak seperti dunia usaha, lembaga pendidikan, dan pemerintah. Kendala seperti jumlah peserta yang belum mencapai target, masalah teknis, dan beban kerja juri menjadi tantangan yang perlu diperbaiki. Keberhasilan kompetisi ditunjang dengan strategi publikasi yang efektif melalui media sosial, baliho, dan media cetak. Evaluasi kegiatan memberikan saran untuk meningkatkan sosialisasi, mengoptimalkan sistem teknis, dan menambah mentor serta juri. Secara keseluruhan, kegiatan ini menjadi langkah penting dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan di Kabupaten Jombang
Downloads
References
R. Pramono, L. W. Sondakh, I. Bernarto, J. Juliana, and A. Purwanto, “Determinants of the small and medium enterprises progress: A case study of SME entrepreneurs in Manado, Indonesia,” J. Asian Financ. Econ. Bus., vol. 8, no. 1, pp. 881–889, 2021.
W. Saputra, J. T. Hardinata, and A. Wanto, “Resilient method in determining the best architectural model for predicting open unemployment in Indonesia,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2020, vol. 725, no. 1, p. 12115.
S. A. A. Putra, H. Pratikto, and A. Winarno, “Combination Of Character Change And Utilization Of Social Media As A New Strategy To Maintain SMEs Resilience During The Covid-19 Pandemic,” J. Bus. Manag. Rev., vol. 2, no. 11, pp. 760–771, 2021, doi: 10.47153/jbmr211.2632021.
A. N. Husna, Dari Mahasiswa untuk Indonesia: Kewirausahaan dan Inovasi di Era Digital. Unimma Press, 2020.
N. A. A. U. Lestari and S. Djamilah, “Solusi peningkatan minat wirausaha dan pengurangan hambatan minat wirausaha mahasiswa,” Pragmatis, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
E. Rachmawati and A. S. Ramadhanti, “Membentuk Mental Wirausaha Melalui Penyelenggaraan Kewirausahaan Event Organizer,” JGEN J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 171–178, 2024.
A. Hamizar et al., “AKSELARASI PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWA FOSSEI SULSELBARTA & MALUKU MELALUI KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH SHARIA BUSINESS PLAN,” MAJU Indones. J. Community Empower., vol. 1, no. 5, pp. 295–303, 2024.
I. R. Mufti, “Dukungan Berbagai Pihak dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Remaja dalam Pencegahan Kehamilan Tidak Diinginkan Di SMK 9 Bandung,” J. Bidan, vol. 4, no. 1, p. 234014, 2018.
D. Sunarsi, “Pengembangan sumber daya manusia strategik & karakterisrik sistem pendukungnya: Sebuah tinjauan,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 2, no. 3, pp. 178–194, 2018.
T. A. Sutikno, “Manajemen strategik pendidikan kejuruan dalam menghadapi persaingan mutu,” Teknol. Dan Kejuru., vol. 36, no. 1, 2014.
M. R. Pratama, A. Q. Muslim, B. A. Praja, B. I. Pratama, and E. Putra, “Penyusunan dan pelatihan kerangka kerja publikasi karya ilmiah populer untuk mahasiswa,” Surya Abdimas, vol. 5, no. 3, pp. 280–292, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Heru Totok Tri Wahono, Cahyo Tri Atmojo, Yudhi Ferdi Andri Asmawan, Saiful Aminudin Alkusuma Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.