PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN SEKSUAL BERDIFERENSIASI KITAB TARBIYATUL AULAD BAGI MAHASISWA

Authors

  • Siti Rofi'ah Universitas hasyim Asy'ari
  • Jasminto PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ali Mahsun PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Asriana Kibtiyah PAI, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Mohamad Nur Salim Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Bahan Ajar, Pendidikan Seksual, Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pendidikan seksual berdiferensiasi. Bahan ajar ini berusaha menhadirkan materi yang adaptif, sesuai dengan kebutuhan dan keragaman kemampuan mahasiswa di perguruan tingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Desaign Based Reasearch dalam merancang dan menguji keefektifan bahan ajar. Proses pengembangan mencakup analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, evaluasi serta revisi bahan ajar. Data dikumpulkan dengan angket analisis kebutuhan dan angket expert judgment dari ahli media, ahli materi dan mahasiswa. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisa deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 81%, validasi bahan ajar 84%, validasi praktisi 85%. Hasil uji coba terbatas dari mahasiswa sebesar 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berdiferensiasi layak digunakan dalam pembelajaran pada mahasiswa dan mampu meningkatkan keterlibatan, pemahaman yang mendalam serta penerimaan yang lebih baik terhadap topik sensitif terkait pendidikan seksual. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan menjadi buku pegangan bagi mahaiswa dan institusi dalam menyusun kurikulum pendidikan seksual yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rokhmansyah, Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Garudhawaca, 2016.

M. M. Ulum, ‘Pendidikan Seks Sejak Dini Menurut Abdullāh Naşih ‘Ulwan (Analisis Psikologis dan Sosiologis)’, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 221–230, 2022.

E. R. Junita, D. Wanto, and A. H. Awlawi, ‘Penerapan prinsip-prinsip seksualitas bagi anak dalam perspektif Islam’, Jurnal Tunas Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 409–421, 2023.

Z. Anwar, ‘Pendidikan Sosial dalam Perspektif ‘Abdullah Nashih ‘Ulwan (1928-1987 M.)(Studi Terhadap Kitab Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam)’, AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 60–77, 2019.

T. Plomp and N. Nieveen, ‘Educational design research’, 2013.

D. A. M. Lidinillah, ‘Educational design research: a theoretical framework for action’, Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, 2012.

F. Ibda, ‘Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg’, Intelektualita, vol. 12, no. 1, 2023.

T. Ratnawulan, ‘Perkembangan dan tahapan penting dalam perkembangan’, Inclusive: Journal of Special Education, vol. 4, no. 1, 2018.

H. Syawal and H. Helaluddin, ‘Psikoanalisis Sigmund Freud Dan Implikasinya Dalam Pendidikan’, Banten. Uin Sultan Maulana Hasanuddin, 2018.

N. Nurhayati, ‘PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDEFERENSIASI (Literature Review)’, Normalita (Jurnal Pendidikan), vol. 11, no. 3, 2024.

N. Shihab, Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna & Menyenangkan. Lentera Hati, 2015.

C. M. Reigeluth, Instructional-design theories and models: A new paradigm of instructional theory, Volume II. Routledge, 2013.

R. S. Al-Mahiroh and S. Suyadi, ‘Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, vol. 12, no. 2, pp. 117–126, 2020.

N. Hidayah and S. Rofi’ah, ‘Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Kelas VI’, el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, vol. 4, no. 1, pp. 120–126, 2021.

F. Fianti and A. Neratania, ‘Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Berdiferensiasi dengan Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Etnosains’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 10, no. 2, 2024.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Rofi'ah, S., Jasminto, Mahsun, A., Kibtiyah, A., Salim, M. N., & Supratno, H. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN SEKSUAL BERDIFERENSIASI KITAB TARBIYATUL AULAD BAGI MAHASISWA . Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 305–308. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7605