Sistem Perpustakaan Sekolah Dasar Berbasis Web
Keywords:
Perpustakaan, Sekolah Dasar, WebAbstract
Penelitian ini menginterpretasikan peran dari perpustakaan digital sekolah berbasis web dalam menunjang minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Plus Darul Ulum Jombang sebagai salah satu sekolah unggulan yang sudah menerapkan perpustakaan digital berbasis web sebagai sarana membaca efektif bagi siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan desain studi narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengoperasian perpustakaan digital sekolah berbasis web telah terlaksana dengan baik dalam mendukung minat baca dan literasi siswa. Tingkat minat baca siswa dipengaruhi oleh aspek antusiasme, preferensi konten, dan variasi buku bacaan yang dibaca. Tantangan dan keterbatasan dari perpustakaan digital berbasis web hanya terletak pada akses teknologi dan keterampilan digital siswa dalam memahami fitur-fitur pada web perpustakaan. Implikasi dari penelitian diharapkan menjadi strategi bagi lembaga sekolah dasar dalam mengimplementasikan perpustakaan digital berbasis web sebagai bentuk penunjang layanan baca dan literasi siswa dengan mengintegrasikan dengan perkembangan teknologi.
Downloads
References
S. Scippo, “Montessori primary schools’ effectiveness: a quasi-experimental study on schooling outcomes,” An Int. J. Res. Policy Pract., vol. 35, no. 2, pp. 193–213, 2024, doi: https://doi.org/10.1080/09243453.2024.2349537.
H. Mawarni, N. S. Wahyuni, and M. A. Larassati, “Peningkatan Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumbawa Barat,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 5, pp. 2246–2257, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5642.
K. Spowage, “Reading and ideology: the case of the free public libraries movement,” J. Polit. Ideol., vol. 1, no. 1, pp. 1–20, 2022, doi: https://doi.org/10.1080/13569317.2022.2112083.
P. Limilia and N. Aristi, “Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis,” Komun. J. Ilm. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 205–222, 2019, doi: https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2199.
E. D. İman, Ş. Danişman, Z. A. Demircan, and D. Yaya, “The effect of the Montessori education method on pre-school children’s social competence – behaviour and emotion regulation skills,” J. Early Child Dev. Care, vol. 189, no. 9, pp. 1494–1508, 2019, doi: https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1392943.
R. Scherer, “The potential of international large-scale assessments for meta-analyses in education,” Large-scale Assessments Educ., vol. 12, no. 1, p. 4, 2024, doi: https://doi.org/10.1186/s40536-024-00191-1.
A. Prayitno and Y. Safitri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 28–37, 2015, doi: https://doi.org/10.31294/ijse.v1i1.592.
M. Ahmad and J. H. Abawajy, “Digital library service quality assessment model,” Procedia-social Behav. Sci., vol. 129, pp. 571–580, 2014, doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.715.
M. Shvardak, M. Ostrovska, N. Bryzhak, A. Predyk, and L. Moskovchuk, “The Use of Digital Technologies in Professional Training of Primary School Teachers,” Int. Electron. J. Elem. Educ., vol. 16, no. 3, pp. 363–376, 2024, doi: Retrieved from https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/2163.
A. Dwinata, A. R. As’ari, C. Sa’dijah, A. H. Abdullah, and E. Y. R. Pratiwi, “The Development of Food Production Teaching Materials for Class III Elementary School Students,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 7, no. 10, pp. 436–444, 2022.
V. Listanto and N. Firmansyah, “The Trend of Library Development in Indonesia and the Effects on Literacy Skills in Schools,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. Dan Kaji. Kepustakaan Di Bid. Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, vol. 8, no. 3, pp. 508–520, 2022, doi: https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5643.
J. W. Creswell and T. C. Guetterman, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Global Edition. New York: Pearson, 2020.
A. Habibillah, Terttiaavini, and A. Heryati, “Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa SD Negeri 8 Rantau Bayur Palembang,” Klik-Jurnal Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2022, doi: https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.340.
V. Ardhyantama, “Pendidikan karakter melalui cerita rakyat pada siswa sekolah dasar,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 95–104, 2017, doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819.
J. M. Carroll, A. J. Holliman, F. Weir, and A. E. Baroody, “Literacy interest, home literacy environment and emergent literacy skills in preschoolers,” J. Res. Read., vol. 42, no. 1, pp. 150–161, 2018, doi: https://doi.org/10.1111/1467-9817.12255.
Sapriline, D. Mardiana, and Simpun, “Model terpadu buku cerita rakyat, ungkapan dan peribahasa berbahasa Dayak Ngaju-Indonesia untuk sekolah dasar,” ENGGANG J. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 201–213, 2023, doi: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8673.
J. P. Pezoa, S. Mendive, and K. Strasser, “Reading interest and family literacy practices from prekindergarten to kindergarten: Contributions from a cross-lagged analysis,” Early Child. Res. Q. J., vol. 47, no. 3, pp. 284–295, 2019, doi: 10.1016/j.ecresq.2018.12.014.
N. P. E. Candra, N. M. Ratminingsih, and M. H. Santosa, “Improving Sixth Grade Students’ Language Literacy By Utilizing Digital Multilingual Thematic Dictionary,” J. JOEPALLT (Journal English Pedagog. Linguist. Lit. Teaching), vol. 12, no. 2, pp. 1–10, 2024, doi: https://doi.org/10.35194/jj.v12i2.4645.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emy Yunita Rahma Pratiwi Emy Yunita Rahma Pratiwi, M. Bambang Edi Siswanto, Desty Dwi Rochmania, Evi Rizqi Salamah, Anggara Dwinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.