Pemanfaatan Video Kartun Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi di Kelas VII SMP A. Wahid Hasyim
Keywords:
cerita fantasi, menulis, kartun indonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan pemanfaatan video kartun Indonesia pada siswa kelas VII C SMP A. Wahid Hasyim, mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menulis cerita fantasi melalui video kartun Indonesia pada siswa kelas VII C SMP A. Wahid Hasyim, dan untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan video kartun Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi di kelas VII C SMP A. Wahid Hasyim. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini, pemanfaatan video kartun Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas VII C SMP A. Wahid Hasyim. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata yang diperoleh oleh siswa.
Downloads
References
Dewi, Made Rospita Pradnya. 2017. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato di Kelas X IPA 8 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Ediyani, M. 2020. Study of Development Media, Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 1336-1342
Effendy, Heru. 2006. Mari Membuat Film, Panduan Untuk Menjadi Produser. Yogyakarta: Sinar Baru.
Hakim, Arief. 2005. Kiat Menulis Artikel di Media: dari pemula sampai mahir.Bandung: Nuasa Cendikia.
Indriani, MS. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya 14, 56-64
Kartono. 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas dengan Kritis.Yogyakarta: Kanisius.
Kosasih. 2018. Buku Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan, Pontianak: Yrama Wida
Lestari, P. Peping Ernalida. 2019. Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Sriwijaya Negara Palembang. PhD Thesis. Sriwijaya University
Maraya, Priskilia Ratu. 2022. Pengaruh Media Animasi dan Video dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Katolik Rajawali Makassar. Jurnal Fon. Vol 18 No 1, 331-346
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Eduktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief S, dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Ni Putu Ayu Nila Purmita. 2015. Penggunaan Pendekatan Saintifik Bermedia Video Anak “Si Bolang” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VII 15 SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Semi, Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sujana, I Made. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Media Video Klip Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 1 Tampaksiring. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: UniversitasPendidikan Ganesha.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arisni Shofiani, Alfian Setya Nugraha , Agus Sulton, Raras Hafiida Sari, Resdianto Permata Raharjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.