PELATIHAN ENGLISH LANGUAGE CAFE BAGI GURU BAHASA INGGRIS TINGKAT MGMP MAN KAB JOMBANG BERSAMA UiTM MALAYSIA

Authors

  • Pipit Ertika Daristin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Elisa Nurul Laili Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Mukminatus Zuhriyah Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Maskhurin Fajarina Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Ria Kamilah Agustina Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Sayid Ma’rifatulloh Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Keywords:

Media Pembelajaran, Media ajar Bahasa Inggris,, English Language Cafe

Abstract

Kurangnya infrastruktur teknologi dan keterampilan digital di antara para guru mengakibatkan minimnya media ajar inovatif dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru perlu mengikuti pelatihan dan workshop yang terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan digital mereka. Kurangnya kreativitas dalam pengajaran dengan media fisik. Selain materi digital, penting juga untuk memiliki kreativitas dalam membuat media pembelajaran fisik. Media pembelajaran fisik yang kreatif dapat membantu dalam menggambarkan konsep-konsep abstrak dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Namun, masih banyak guru yang menggunakan cara pengajaran tradisional dan kurang kreatif dalam membuat media ajar fisik. Kegiatan ini berlangsung selama tujuh hari dari tanggal 22 hingga 31 Oktober 2024. Teknis pelatihan berkelanjutan akan diterapkan selama kegiatan berlangsung. Cara yang digunakan dalam menjalankan kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan presentasi, workshop praktik, diskusi interaktif, dan kerja kelompok. Cara pelaksanaan workshop ini dilakukan melalui pertemuan online Zoom di mana pembicara dari UITM Malaysia, Dr. Norwati adalah pendiri media English Language Cafe dan audiensnya adalah guru-guru MGMP Kab. Kota Jombang. Pada hari pertama, diadakan sesi pengenalan media English Language Cafe. Materi dan presentasi mengenai Pentingnya Media Digital untuk Peningkatan Pembelajaran bahasa Inggris disampaikan. Kemudian acara dilanjutkan dengan workshop pelatihan tentang inovasi teknologi dalam pendidikan. Di awal sesi, pemateri akan memberikan penjelasan materi yang harus dipahami oleh peserta. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara pemateri dan peserta. Pada hari kedua, kita belajar tentang pentingnya literasi digital. Kemudian, kita berlatih membuat materi ajar inovatif dalam English Language Cafe secara berkelompok. Guru diminta membuat media interaktif dan inovatif untuk English Language Cafe yang menarik sesuai dengan materi dan level kelas masing-masing. Hasil dari pelatihan ini yaitu Guru-guru MGMP MAN Kab Jombang mampu membuat media ajar bahasa Inggris dengan konsep English Language Cafe dan diharapkam mampu memberikan dampak positif pada keberhasilan pembelajaran di kelas dan menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshumaimeri, Y. (2019). The Effects of Using Technology on EFL Students’ Reading Comprehension Skills. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 12(1), 1- 15.

Amalia, S. (2022). Teacher Readiness in Implementing Independent Curriculum: A Case Study in Indonesian Schools. Journal of Curriculum Studies, 54(4), 567-584.

Ghozali, R. (2021). Creativity in Teaching English: Developing Physical Teaching Aids. Asian Journal of Education and Training, 7(3), 123-130.

Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putri, A. (2023). Tantangan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-60.

Setiawan, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Guru melalui Pelatihan Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 23, 78-89.

Rahmawati, D. (2023). Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 100-112.

Schmidt, A., Thomas, M., & Schneider, B. (2020). Digital Learning Materials and Their Impact on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Educational Research, 100, 101532.

Widiastuti, E. (2023). Kolaborasi Antar Guru: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(3), 200-215

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Daristin, P. E., Laili, E. N., Zuhriyah, M., Fajarina, M., Agustina, R. K., & Ma’rifatulloh, S. (2024). PELATIHAN ENGLISH LANGUAGE CAFE BAGI GURU BAHASA INGGRIS TINGKAT MGMP MAN KAB JOMBANG BERSAMA UiTM MALAYSIA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 193–196. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7569