INFOGRAFIS “INTERNET SEHAT” SEBAGAI MEDIA KONTROL GADGET BAGI ORANGTUA PADA ANAK

Authors

  • Elisa Nurul Laili Universitas Hasyim Asy'ari
  • Sri Widoyoningrum Universitas Hasyim Asy'ari
  • Fani Indrawan Universitas Hasyim Asy'ari
  • Pipit Ertika Daristin Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hadi Sucipto Universitas Hasyim Asy'ari
  • Sayid Ma'rifatulloh Universitas Hasyim Asy'ari
  • Mukminatus Zuhriyah Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

infografis, internet sehat, kontrol gadget anak, media

Abstract

Penggunaan gadget pada anak-anak yang tidak terkontrol dapat berdampak negatif, terutama jika mereka terpapar konten yang tidak sesuai. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dalam mengontrol aktivitas digital anak melalui pemanfaatan infografis internet sehat. Melalui sosialisasi dan pelatihan, orang tua diberi pemahaman mengenai bahaya konten tidak sehat dan cara memantau penggunaan gadget dengan efektif. Infografis dipilih sebagai media edukasi karena sifatnya yang menarik dan mudah dipahami. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua terhadap pentingnya kontrol gadget serta kemampuan mereka dalam menerapkan sistem pengawasan berbasis infografis. Program ini berkontribusi dalam memberikan solusi praktis bagi keluarga dalam menghadapi tantangan digitalisasi, khususnya pada anak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan program serupa di lingkungan yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siregar. & Yaswinda. (2022). Impact of Gadget Use Cognitive Development., Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021): Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Atlantis Press SARL.

Chasanah, N., & Pranoto, Y.K.S. (2023). Parental Guidance for Gadget Use during Early Childhood. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 56(3), 501–508. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i3.66501

Lake, V., & Arina Chusnatayaini. (2023). The Influence of Gadget Media on Early Childhood Development: Literature Review. Journal for Quality in Women’s Health, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.30994/jqwh.v6i1.153

Livingstone, S., & Helsper, E. (2008). Parental Mediation of Children’s Internet Use. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 52(4), 581-599.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press

Muhammad, Fiqri., dkk. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Siswa di SDN Banjaranyar 05 Brebes. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 249–260. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.212

Tundo, Tundo dkk. (2024). Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Terkait Internet Sehat: Penggunaan Aplikasi Aman Dan Edukatif Bagi Anak-Anak. Kacanegara, 75-84

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press

Wulan, S. R., dkk. (2023). Pelatihan Penggunaan Internet Sehat untuk Anak Usia Dini. Jurnal Abdi Insani, 342-351.

Zain, Z.M., dkk. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. Proceedings MDPI 2022, 82, 6. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Elisa Nurul Laili, Sri Widoyoningrum, Fani Indrawan, Pipit Ertika Daristin, Hadi Sucipto, Sayid Ma'rifatulloh, & Mukminatus Zuhriyah. (2024). INFOGRAFIS “INTERNET SEHAT” SEBAGAI MEDIA KONTROL GADGET BAGI ORANGTUA PADA ANAK. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 171–177. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7568