EDUKASI LITERASI HALAL PADA MAHASISWA KDLK KEWIRAUSAHAAN UNHASY 2024
Keywords:
Literasi Halal, Pengusaha Gen Z, Sertifikasi HalalAbstract
Jumlah pengusaha Gen Z di program KDLK Kewirausahan Unhasy 2024 yang mempunyai sertifikat halal masih belum ada separuh dari total kelompok yang mengikuti program tersebut, serta minimnya pengetahuan serta pemahaman tentang jaminan halal. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Unhasy mengadakan kegiatan Edukasi literasi halal bagi pengusaha Gen pada mahasiswa perserta KDLK Kewirausahaan Unhasy. Peserta sebelumnya belum pernah mendapatkan kegiatan literasi halal ini. Tujuan dari program ini adalah agar pengusaha Gen Z di masa depan dapat meningkatkan kualitas produk mereka melalui sertifikasi halal, sehingga mereka dapat bertahan dan bersaing di dunia modern. Mahasiswa KDLK Kewirausahaan yang belum memiliki sertifikasi halal dapat secara mandiri mendaftar sertifikasi halal dengan bantuan tim pengabdian, yang membuat kegiatan pengabdian ini dianggap tepat sasaran. Hasil dari pelaksanaan PKM ini adalah seluruh mahasiswa KDLK Kewirausahaan telah mendaftarkan sertifikasi halal untuk usaha nya yaitu sertifikasi halal self declaire.
Downloads
References
Mafrudlo, A. M., Nasrudin, D., & Mansur, Z. A. (2022). Urgence of Halal Food and Drink Education: Review Economic Interpretation And Hadith. Journal of Halal Product and Research, 5(2), 62–71. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.5-issue.2.62-71
State of the Global Islamic Economy Report. (2019). State of the global islamic economy report: Driving the islamic economy revolution 4.0. Dubai International Financial Centre, 1–174. https://cdn.salaamgateway.com/special-coverage/sgie19-20/full-report.pdf
Sulastri, N. U., & Mutia Edwy, F. (2023). Literasi Halal Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan UMKM Di Kabupaten Malang. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 17–24. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Karunia/article/view/530
Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Peni Haryanti, Imam Sopingi, Athi' Hidayati, Anita Musfiroh, Kusnul Ciptanila Yuni K, Rohmad Prio Santoso; Muhammad Haidar Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.