ANALISIS KESADARAN HALAL DAN SIKAP PENGUSAHA GEN Z TERHADAP SERTIFIKASI HALAL: STANDAR KEBERLANJUTAN DAN DAYA SAING GLOBAL
Keywords:
Pengusaha Gen Z, Sertifikasi Halal, Literasi, Sikap, MinatAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh literasi sertifikasi halal dan sikap pengusaha Gen Z terhadap minat sertifikasi halal, dengan perspektif keberlanjutan dan daya saing global. Literasi sertifikasi halal diartikan sebagai pengetahuan, kesadaran, dan pemahaman atas proses, manfaat, serta dampak sertifikasi halal bagi usaha, sedangkan sikap mencakup komponen kognitif, afektif, dan perilaku dalam mendukung sertifikasi halal. Responden penelitian ini melibatkan 90 pengusaha Gen Z di Indonesia, dengan data yang dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi dan sikap memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pengusaha Gen Z untuk mengadopsi sertifikasi halal. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi dan sikap positif terhadap sertifikasi halal dapat mendukung keberlanjutan bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar global. Penelitian ini menawarkan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan dan strategi pendidikan yang mempromosikan literasi sertifikasi halal, khususnya di kalangan generasi muda yang berorientasi pada kewirausahaan.
Downloads
References
Adiyanto, M. R., & Amaniyah, E. (2023). Analisis Minat UMK Terhadap Sertifikasi Halal di Pulau Madura. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 45–55. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19207
Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). Changing Behavior Using the Theory of Planned Behavior. The Handbook of Behavior Change, 17-31. 17–31.
Ali, M. Q., & Ahmad, N. (2023). The Factors that affect Halal Food and Food Products Awareness and Different Challenges: an overview. Journal of Agribusiness Marketing, 10(1). https://doi.org/10.56527/fama.jabm.10.1.6
Anggraeni, C. S., & Anwar, M. K. (2023). the Influence of Halal Socialization and Business Capital on Interest of Halal Certification in Surabaya Msmes. Istinbath, 22(1), 90–104. https://doi.org/10.20414/ijhi.v22i1.582
Apriliyanto, N. (2023). Competitive Advantage As A Mediation Factor That Influences The Sustainability Of Halal SMEs. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 274–292. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v12i2.1564
Basarud-din, S. K., Al Jaffri Saad, R., & Aminullah, A. A. (2022). Malaysian Halal Certification: A Study of Compliance Behavior of Muslim Entrepreneurs. Global Journal Al-Thaqafah, 12(2), 46–65. https://doi.org/10.7187/gjat122022-4
Bux, C., Varese, E., Amicarelli, V., & Lombardi, M. (2022). Halal Food Sustainability between Certification and Blockchain: A Review. Sustainability (Switzerland), 14(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/su14042152
Fatmawati, P., Setiawan, F., & Nasik, K. (2023). Analisis Religiusitas, Kesadaran Halal, Literasi Halal, Dan Niat Berperilaku Dalam Memprediksi Pelaku UMKM Melakukan Sertifikasi Halal Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 76–88. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/Mr/index76
Hasnan, N., & Kohda, Y. (2023). Halal Supply Chain: Challenges of Halal Certification in Japan. Proceedings of the 3rd International Conference on Management and Communication (ICMC 2023), 1-2 March, 2023, Kuala Terengganu, Malaysia, 132, 764–778. https://doi.org/10.15405/epsbs.2023.11.02.60
Herlambang, C. I. F., & Azizah, S. (2024). Persepsi Dan Minat Pelaku UMKM Pengolahan Hasil Ternak Terhadap Sertifikasi Halal Di Kota Kediri. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Hewani (JURRIH), 3(1).
Imtihanah, A. N. (2022). Analisis Faktor Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku terhadap Minat Beli Masyarakat Non Muslim pada Halal Food di Kota Metro. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 66–73. https://doi.org/10.31942/akses.v17i1.6512
Ismail, M. binti, Mohamad, N. B., & Ahamat, A. (2021). Learning Orientation as Mediator between International Entrepreneurial Orientation and International Firm Performance in Global Halal Industry. Global Journal Al-Thaqafah (GJAT), 1(1), 53–64. www.gjat.my
Izza, N. N. (2022). A Scientometric Analysis on Halal Awareness. Halal Tourism and Pilgrimage, 2(1). http://journals.smartinsight.id/index.php/HTP/article/view/89%0Ahttps://journals.smartinsight.id/index.php/HTP/article/download/89/86
Januar, O. M. (2024). Membuka Gerbang Ekonomi Halal Indonesia : Mengatasi Tantangan dan Meraih Peluang. Holistik Analisis Nexus, 2(9), 6–15.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139
Masyhuri, M., & Risdiyanti, A. (2022). Halal Certification Challenges for Javanese Muslim Entrepreneurs in a Phenomenological Perspective. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 183–196. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444
Munsch, A. (2021). Millennial and generation Z digital marketing communication and advertising effectiveness: A qualitative exploration. Journal of Global Scholars of Marketing Science: Bridging Asia and the World, 31(1), 10–29. https://doi.org/10.1080/21639159.2020.1808812
Nirmala, R. W. (2024). Pengaruh Literasi Halal, Religiusitas, dan Sikap Konsumtif Terhadap Pemilihan Produk Fashion Gen Z. Journal of Islamic Economics, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie
Nuraliyah, I. M., Adiba, E. M., & Amir, F. (2023). Keputusan Sertifikasi Halal oleh UMKM di Bangkalan. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55182/jtp.v3i1.235
Persulessy, G., & Al, E. (2020). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat Pelaku UMKM Untuk Menyusun Laporan Keuangan: Sebuah Bukti Empiris UMKM di Kota Ambon. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 47–57.
Rahmanita, R., Dwiyanti, N. F., & Nurhamidah, N. S. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Umkm Dalam Melakukan Sertifikasi Halal. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.30653/ijma.202332.92
Sholihah, A., & Setiawan, F. (2022). Pendekatan Theory Of Planned Behavior Dalam Melakukan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Umkm Sektor Halal Food Di Kabupaten Bangkalan. Maneksi, 11(2), 465–470.
Takeshita, S. (2020). Halal certification or ingredient disclosure: A comparative analysis of serving food in Japanese tourist destinations. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 765–781. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2018-0129
Umayyah, R., & Zulfa, M. (2021). Peran Labelisasi Halal Dan Daya Tarik Iklan Dalam Membangun Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi. Ekobis, 22(1), 45–58.
Yusuf, M., Rasmon, & Ulvah Rahayu, E. (2024). Produk Mixue Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat Di Kota Pekanbaru). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 7082–7093.
Yuwana, S. I. P., & Hasanah, H. (2021). Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 104–112. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.44
Zuhira, I. T., & Sulaiman. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Makanan dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Generasi Z di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, V(1), 97–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Peni Haryanti, Athi' Hidayati, Anita Musfiroh, Lola Malihah, Imam Sopingi, Siti Fauzdiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.