The Analisis Perbandingan Faktor Proses Pembelajaran pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar

Authors

  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Siti Rofi’ah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Khoirul Umam Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Ariga Bahrodin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Khoirotul Idawati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

perbandingan, guru PAI, potensi siswa, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua kondisi yang dilakukan oleh dua guru pada dua kelompok belajar. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pengetahuan terhadap masing-masing tipe kecerdasan siswa dan mendapat bekal kemampuan dalam mengelola kelas dengan ragam kecerdasan siswa yang sudah diketahui. Sedangkan kelompok lain dibiarkan tanpa mendapaatkan perlakuan apapun untuk mengontrol kelompok lainnya. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t Sampel Bebas karena data yang diperoleh tidak saling berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti pada guru yang mendapatkan perlakuan menunjukkan perbedaan dengan guru yang tidak mendapatkan perlakuan. Simpulan penelitian didasarkan pada signifikan pada nilai α Dua-Sisi sebesar 0,01 (<0,05), dan hasil dari analisis deskriptif di mana nilai rata-rata pada guru kelompok eksperimen sebesar 8,14, dan kelompok kontrol sebesar 5,86.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus di MA Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.23818

Amstrong, T. (2006). The Best Schools: How Human Development Research Should Inform Educational Practice. ASCD. https://books.google.co.id/books?id=Lo7gEAAAQBAJ&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Aprilia, A., Prasetyo, H. E., & Dewi, P. I. (2020). Pengaruh Teknik Umpan Balik Langsung Guru dalamMeningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 2 SMK. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 1(2), 39–47. https://doi.org/10.30738/jipg.vol1.no2.a9936

Arifin, I. (Ed.). (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. In Sidang Senat Guru Besar Universitas Negeri Malang.

Asriana Kibtiyah, & Gunadi, I. (2020). Program Pembiasaan Karakter Siswa Melalui Pendampingan Sekolah Pedalaman di Kalimantan Tengah. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i2.992

Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.340

Chatib, M. (2015). Sekolahnya Manusia (Edisi Baru). Kaifa PT Mizan Pustaka.

Fata, N., Shalihah, N. M., & Abidah, N. (2022). Pengaruh Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar Terhadap Kognitif Anak. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1065. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1175

Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=vp5OEAAAQBAJ&dq=kompetensi+guru&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Fitri, H. (2020). Urgensi Psikologi Pendidikan Islam dan Pengajaran. Ihya Al Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab URGENSI, 282.

Fitriani, D., Rahman, F. R., Fauzi, A. D., Salamah, A. U., & Saefullah, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 1–12. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358

Fitriani, F. (2022). Penerapan model discovery learning untuk peningkatan hasil belajar siswa tematik. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14548

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V MI Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180

Hidayanti, L., Awaliyah, S., & Hady, N. (2021). Pengaruh Pemberian Apersepsi Scene Setting terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2187–2193. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.783

Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 52–67. https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9030

Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah. Thesis Commons, 2–3. https://files.osf.io

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD.MI. International Conferences on Islamic Education, 2(1), 293–304. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Indriani, F., AlQisan, N. H., & Okfitri, N. N. (2021). Innovative Learning Era Industrial Revolution 4.0 in Optimizing 21st Century Competence Elementary School Students. Proceedings of the Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2015, 3147–3157. http://ieomsociety.org/proceedings/2021indonesia/570.pdf

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, 1–12. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1675

Jariono, G., Nurhidayat, N., Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., Triadi, C., & Anisa, M. N. (2021). Pendampingan dan PelatihanPeranGuru Dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.35877/panrannuangku478

Kemdikburistek. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. In Merdeka Belajar. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Lestari, F. L. (2022). Analisis Problematika dan Pencapaian Siswa dalam Pelaksanaan AKM pada PTM Terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193

Maulidah, H., & Kamal, B. (2020). Studi Komparatif Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi Pada Mata Kuliah Akuntansi Biaya. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 14(1), 144. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.17359

Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,. PT Rosda Karya.

Nafrizal, N. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU (PKP) DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.288

Nasution, F., Jannah, W., Hasnan, A., & Luqiana, J. N. (2023). Pengaruh Psikologi Pendidikan Terhadap Kualitas Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i1.259

Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.

Nurhati, N., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7586–7592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3607

Nurlindasari, S. W., Huda, S. A. A., & Waslah. (2023). AL- ADABIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam Substansi Kurikulum Merdeka Penyangga Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTsN 3 Jombang. AL- ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 115–136. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i2.788

Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556

Oktaviana, T., Riyanto, R., & Wasidi, W. (2018). The Influence of Self-Learning Model and Self-Efficacy in Learning Achievement. JURNAL ILMIAH …, 8(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/view/7224

Pradewo, B. (2021). Kemendikbudristek Ungkap Rata-Rata Skor Kompetensi Guru 50,64 Poin. JawaPos.com, Pendidikan. https://www.jawapos.com/pendidikan/01355273/kemendikbudristek-ungkap-ratarata-skor-kompetensi-guru-5064-poin

Prawitasari, J. E. (2012). Psikologi Terapan: Melintas Batas Disiplin Ilmu. Penerbit Erlangga.

Rahayu, T. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.290

Rahman, A. N. (2021). Manajemen Sekolah dalam Upaya Mempersiapkan Peserta Didik yang Berkarakter (Studi di Sekolah Dasar Anak Saleh Malang). Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-an), 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.724

Rambe, A., Nurhakim, M., & Amien, S. (2024). Reformasi Pendidikan Muhammadiyah: Pendekatan Inovatif dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 8(2), 806. https://doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.806-812

Rifatin, D. A. (2022). Pemanfaatan Tekhnik (Struktural, Analitik, Sintetik) pada Anak yang terkena Disleksia ketika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 294–301. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.669

Rillero, P., Koerner, M., Jimenez-Silva, M., Merritt, J., & Farr, W. J. (2017). Developing Teacher Competencies for Problem-Based Learning Pedagogy and for Supporting Learning in Language-Minority Students. In Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning (Vol. 11, Nomor 2). Purdue University (bepress). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1675

Rohana, S. (2021). PERAN GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, 1(1), 27–42. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01.596

Roslina. (2021). Genetic Based EFL Classroom Management. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 295–306. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.23818

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Rosyid, A. (2021). Profil Mindset Calon Guru SD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 466–472. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320

Rumahlewang, E., Napsin, Pudjiastuti, S. R., Wahyuni, R. S., Sembiring, D., Lestari, F. P., Saripuddin, Rahmawati, S., Afni, K., Mardiati, & Mutiaraningrum., I. (2024). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan Pe). Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/580576-strategi-belajar-mengajar-9132c778.pdf

Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. In BIODIK (Vol. 7, Nomor 3, hal. 195–204). Faculty of Education and Teacher Training, Jambi University. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709

Saefiana, S., Sukmawati, F. D., Rahmawati, R., Rusnady, D. A. M., Sukatin, S., & Syaifuddin, S. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 150–158. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3976

Sahruddin, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama pada Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2), 91–105. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1361

Sartana, F., Entang, M., Patras, Y. E., & ... (2020). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru Dengan Memperbaiki Budaya Organisasi Dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen …, Query date: 2023-01-06 11:27:22. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jmp/article/view/1964

Scott, B. (1982). Competency based learning: a literature review. International Journal of Nursing Studies, 19(3), 119–124. https://doi.org/10.1016/0020-7489(82)90030-X

Stoltenkamp, D. J. (2020). Experiences in Assessment of Students in a Large-scale Digital Literacy Programme at a Higher Institution of Learning. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 6258–6267. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr2020606

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implementasi dalam Pembelajaran (Solicha (Ed.); 1st Ed). PT Raja Grafiindo Persada.

Tas’adi, R. (2019). Hakekat dan Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 5(1), 103–104. https://doi.org/10.15548/atj.v5i1.759

Tirtoni, F., & Kurniawan, M. I. (2022). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar (M. T. Multazam & M. D. K. Wardana (Ed.)). Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-049-6

Umi Kulsum. (2021). Peran Psikologi Pendidikan bagi Pembelajaran. Mubtadiin, 7(1), 100–121.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional (Cet.29). PT Rosda Karya.

Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak Di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. POPULIKA, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wardoyo, P. Y., Cholidah, C., & Suwandayani, B. I. (2023). Pendampingan Sekolah Ramah Anak dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Sejak Dini pada Siswa di SD Muhammadiyah 3 As-Salam. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i1.2402

Warniningsih, E. (2020). Implementasi Metode Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.134

Wulandari, A. B., Mudzanatun, M., & Putri, A. D. S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27986

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Kibtiyah, A., Rofi’ah, S., Umam, K., Bahrodin, A., Idawati, K., & Supratno, H. (2024). The Analisis Perbandingan Faktor Proses Pembelajaran pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 144–153. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7512