the KONDISI PENGASUHAN ORANG TUA MURID PADA PAUD TAMAN POSYANDU (TAPOS) ANGGREK
Keywords:
Pengetahuan, Pengasuhan, Anak Usia Dini, Orang tua, KeluargaAbstract
Penelitian ini berangkat dari program pengabdian masyarakat pada suatu Lembaga PAUD Tapos Anggrek Desa Jerukwangi yang belakangan diketahui memiliki permasalahan salah satunya dalam pengasuhan anak oleh orang tua yang rata-rata kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pengasuhan. Melalui proses observasi dan wawancara tertulis maupun lisan yang dilakukan diperoleh data bahwa sebagian besar orang tua sering memarahi anak (39,1%) dan membiarkannya (35%) ketika anak rewel. Semua orang tua juga pernah mencubit dan membentak anaknya. Dalam hal anak bermain dengan HP, sebesar 48% memberikan anak HP tanpa alasan, sedangkan anak diberi HP dengan alasan ibu sedang sibuk/repot. Demikian pula dalam hal menonton televisi, ada 78% orang tua membiarkan anak menonton televisi. Juga dalam mengonsumsi makanan/minuman kemasan, 74% orang tua sering memberikan anak, 22% jarang, dan hanya 4% yang tidak pernah memberikan. Data tersebut memberikan sinyal kuat bahwa sebagian besar orang tua tidak benar-benar memahami pentingnya memahami tumbuh-kembang fisik dan psikis anak sehingga membutuhkan pengasuhan yang tepat
Downloads
References
P. Mukti, S. Sujoko, P. S. A, dan R. Yuniati, “Pembelajaran Ramah Anak Berbasis Multiple Intelligence,” Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, hal. 99, 2020, doi: 10.30872/plakat.v2i2.4968.
A. Setiawan, R. S. Y. Zebua, dan S. Sunarti, “Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat Kepribadian Genetik STIFIn,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, hal. 1859–1872, Nov 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1860.
A. Royani dan M. A. Maarif, “Pola Kerjasama Keluarga dan Sekolah dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi,” GENIUS Indones. J. Early Child. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 99–110, 2021, doi: 10.35719/gns.v2i2.44.
H. J. White, C. G. Harwood, G. Wiltshire, dan C. R. Plateau, “Parents’ experiences of family food routines in adolescent elite-level swimming,” Psychol. Sport Exerc., vol. 62, no. March, hal. 102237, 2022, doi: 10.1016/j.psychsport.2022.102237.
R. Mashar, “Keterampilan Pengasuhan Keluarga dan Permasalahan Perkembangan Karakter Anak di Magelang,” EDUKASI:Jurnal Pendidikan. hal. 97–108, 2018.
D. Cornelia, P. M. Kusuma, dan D. P. K. Dayu, “Peran Pendidikan Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Santun Siswa Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, hal. 40–44, 2022, doi: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.25.
I. Irhamna dan S. Purnama, “Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas,” J. Pendidik. Anak, vol. 11, no. 1, hal. 68–77, 2022, doi: 10.21831/jpa.v11i1.46688.
J. Milner, “Child Maltreatment 2019,” Washington, Sep 2021.
A. E. Schomburg, “Child Maltreatment 2021,” Washington, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.acf.hhs.gov/Cb/Data-Research/Child-Maltreatment
N. Muhammad, “Komnas PA: Ada 3.547 Kasus Kekerasan Anak 2023, Terbanyak Kekerasan Seksual,” Katadata Media Network, Jakarta, hal. Demografi, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/14e22f5169ef78b/komnas-pa-ada-3547-kasus-kekerasan-anak-2023-terbanyak-kekerasan-seksual
A. Sitompul, “Data Statistik Kasus Perundungan di Sekolah dari 2019-2023,” inilah.com. [Daring]. Tersedia pada: https://www.inilah.com/data-statistik-kekerasan-pada-anak-di-indonesia
N. Indrayati dan L. PH, “Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah,” J. Ilmu Keperawatan Anak, vol. 2, no. 1, hal. 9, 2019, doi: 10.32584/jika.v2i1.220.
A. Mohtarom, “Pendidikan Ramah Anak Perspektif Hadits Nabi,” J. Mu’allim, vol. 3, no. 2, hal. 161–172, 2021, doi: 10.35891/muallim.v3i2.2622.
I. Syafi’i, “Tinjauan Filosofis tentang Kebutuhan dan Tanggung Jawab Peserta Didik,” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2. Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya, Indonesia, hal. 282–300, 2019. doi: 10.54180/elbanat.2019.9.2.282-300.
N. Asiyah dan A. Mauliyah, “Penerapan Psikoedukasi tentang Pengetahuan Kesiapan Sekolah Anak terhadap Ibu untuk Meningkatkan Kemandirian Anak,” Tunjuk Ajar J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, hal. 191–199, 2021, doi: 10.31258/jta.v4i2.191-199.
J. Dini, “Dampak Gaya Pengasuhan Budaya Barat dan Timur Terhadap Perkembangan Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://scholar.archive.org/work/ymjxzw7m4jbtzafkqtsjlkvnmu/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/2230/pdf
F. H. S. Najah, E. Andriana, dan R. A. Pribadi, “Proses Pengembangan Potensi Peserta Didik melalui Penerapan Konsep STIFIn,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 2, hal. 98–106, 2023.
N. K. Dewi, N. Siregar, H. Purnama, dan S. E. Nursyamsi, “Mewujudkan Sistem Pendidikan Sekolah Ramah Anak Melalui Sosialisasi Komunikasi Organisasi di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Mathla`Ul Anwar Kabupaten Tangerang,” Surya Abdimas, vol. 5, no. 4, hal. 398–406, 2021, doi: 10.37729/abdimas.v5i4.1351.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D), Cet ke-21. Bandung: Alfabeta CV, 2015.
Z. Arifin, “Metode Penelitian Pendidikan,” J. Al-Hikmah W. Kanan, vol. 1, no. 1, hal. 1–5, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, 11 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
A. Wicaksono, Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas. Garudgawaca, 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=23SrEAAAQBAJ&dq=Bogdan,+analisis+data+kualitatif&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
B. Pascalisa dan I. Junaida, “Kecamatan Kandangan Dalam Angka 2023,” Kediri, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://kedirikab.bps.go.id/id/publication/2023/09/26/692d86e592ee240fd42c60e4/kecamatan-kandangan-dalam-angka-2023.html
I. K. W. B. Wijaya, “Menanamkan Konsep Catur Paramita pada Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga dan Sekolah,” PRATAMA WIDYA J. Pendidik. ANAK USIA DINI, vol. 3, no. 2, hal. 41–46, 2019, doi: 10.25078/pw.v3i2.737.
A. Patria, S. Utaminingsih, dan I. Fathurohman, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 3, hal. 561–569, 2021, doi: 10.30605/jsgp.4.3.2021.1368.
F. Azis, S. Mukramin, dan R. Risfaisal, “Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar),” Equilib. J. Pendidik., vol. 9, no. 1, hal. 77–85, 2021, doi: 10.26618/equilibrium.v9i1.4365.
K. Ni’mah, “Pola Komunikasi Keluarga dan Pengasuhan Ramah Anak Sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Anak,” KOMUNIKA J. Dakwah dan Komun., vol. 12, no. 1, hal. 23–41, 2018, doi: 10.24090/komunika.v12i1.1326.
J. Kaasbøll, K. Thaulow, dan C. Reedtz, “Parenting sense of competence and associated factors among parents facing adversity in Norway: a cross-sectional study,” Child. Youth Serv. Rev., vol. 163, no. February, hal. 107806, Agu 2024, doi: 10.1016/j.childyouth.2024.107806.
A. Sukendar, H. Usman, dan C. S. A. Jabar, “Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management,” Cakrawala Pendidik., vol. 38, no. 2, hal. 292–304, 2019, doi: 10.21831/cp.v38i2.24452.
Tusriyanto et al., “The Implementation of Child-Friendly School to Fulfill Children’s Rights and Prevent Violence Against Children,” Al-Ishlah J. Pendidik., vol. 14, no. 2, hal. 2465–2478, 2022, doi: 10.35445/alishlah.v14i1.1975 The.
D. J. Madigan dan L. E. Kim, “Does teacher burnout affect students? A systematic review of its association with academic achievement and student-reported outcomes,” Int. J. Educ. Res., vol. 105, no. November 2020, hal. 101714, 2021, doi: 10.1016/j.ijer.2020.101714.
R. Rachim, Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Gangguan Kecemasan Pada Orang Dewasa Di Masa Pandemi COVID-19. eprints.ums.ac.id, 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89822
R. J. Sholikah dan S. Subaidi, “Pembangunan Lingkungan Ramah Anak Terkait Pemenuhan Hak Anak Pada Masa Pandemi di Kampung Leles, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY,” Lisyabab J. Stud. Islam dan Sos., vol. 3, no. 1, hal. 15–24, 2022, doi: 10.58326/jurnallisyabab.v3i1.107.
E. W. Saptandari, A. Febriani, dan A. Kisriyani, “Siap Sekolah dari Rumah: Stimulasi Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, hal. 4417–4430, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2002.
I. Karunia, I. A. Fataya, M. A. K. Sari, dan A. Basuki, “Penerapan Budaya Ramah Lingkungan pada Siswa-Siswi Sekolah Gajahwong: Pendidikan Alternatif Berbasis Eco-Friendly,” Bakti Budaya, vol. 3, no. 1, hal. 80, 2020, doi: 10.22146/bb.55504.
D. J. Madigan dan T. Curran, “Does Burnout Affect Academic Achievement? A Meta-Analysis of over 100,000 Students,” Educ. Psychol. Rev., vol. 33, no. 2, hal. 387–405, 2021, doi: 10.1007/s10648-020-09533-1.
H. Yildiz Durak, Z. Şimşir Gökalp, T. Seki, M. Saritepeci, dan B. Dilmaç, “Examination of non-cognitive variables affecting academic achievement: a conceptual model proposal,” Qual. Quant., vol. 57, no. 6, hal. 4985–5006, 2023, doi: 10.1007/s11135-022-01580-w.
T. Rahmawati, “Peningkatan pengetahuan dan manajemen stress di masa pandemi covid-19 bagi masyarakat,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3354
F. R. Fahlefi dan A. M. Hudha, “Implementasi Anti Bullying Dalam Membentuk Sekolah Ramah Anak di SD dan MI Kabupaten Tanah Bumbu,” J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., vol. 8, no. 1, 2020, doi: 10.22219/jkpp.v8i1.12061.
S. Jain, M. A. Bruce, J. Stellern, dan N. Srivastava, “Self-efficacy as a Function of Attributional Feedback,” J. Sch. Couns., vol. 5, no. 4, hal. 1–22, 2007, [Daring]. Tersedia pada: http://eric.ed.gov/?q=Bandura&ft=on&id=EJ901165%0Ahttp://ezproxy.library.usyd.edu.au/login?url=https://search.proquest.com/docview/762468178?accountid=14757%0Ahttp://dd8gh5yx7k.search.serialssolutions.com?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr
N. Nikmatussaidah, “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi,” J. Pendidik. Guru, vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.47783/jurpendigu.v1i2.169.
K. Karsiyem, “Workshop Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Blended Learning,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 2, hal. 354–362, 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i2.572.
B. Nadhifatur Rifdah dan S. Kusdiwanggo, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis,” J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 13, no. 2, hal. 75–85, Jun 2024, doi: 10.32315/jlbi.v13i2.358.
T. Wulandari, I. Nirwana, dan N. Nurlinda, “PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SD RAMAH ANAK KABUPATEN SLEMAN,” Harakat an-Nisa J. Stud. Gend. dan Anak, vol. 7, no. 1, hal. 9–14, 2022, doi: 10.30631/71.9-14.
M. Chatib, Sekolahnya Manusia, Edisi Baru. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2015.
I. Safitri, A. D. Salsabila, dan S. Nginayah, “Hubungan Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Dengan Perilaku Moral Anak di Sekolah,” Muqoddima J. Pemikir. dan Ris. Sosiol., vol. 2, no. 2, hal. 129–138, 2021, doi: 10.47776/mjprs.002.02.03.
N. Syifa, A. Rachman, dan A. Asniwati, “Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, hal. 384–397, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3745.
N. A. Purwanto, “Kepala Sekolah sebagai Leader pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sleman,” J. Pendidik. Anak, vol. 7, no. 1, hal. 76–80, 2018, doi: 10.21831/jpa.v7i1.26328.
E. L. Situmorang, “Pendidikan Agama Kristen Gereja Dan Keteladanan Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu,” no. Query date: 2023-02-02 13:45:07, 2020, doi: 10.31219/osf.io/6gqt5.
A. Kibtiyah, E. Widiyati, I. Sofyan, dan ..., “Implementasi Konsep Psikologi Pendidikan Pada Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Dasar,” in Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), Jombang, 2023, hal. 1–9. [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4946%0Ahttps://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/download/4946/2223
A. Nashiruddin dan A. Yuliana, “Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di RA Hidayah Tayu Kabupaten Pati,” Tinta Emas J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, hal. 89–100, 2022, doi: 10.35878/tintaemas.v1i2.503.
F. Shkëmbi dan V. Treska, “A Review of the Link Between Self-efficacy , Motivation and Academic Performance in Students,” Eur. J. Soc. Sci. Educ. Res., vol. 10, no. 1, hal. 23–31, 2023.
T. A. R. Yunanto, “Perlukah kesehatan mental remaja? Menyelisik peranan regulasi emosi dan dukungan sosial teman sebaya dalam diri remaja,” J. Ilmu Perilaku, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.ubaya.ac.id/38963/
S. Fitriani dan L. Qodariah, “A Child-Friendly School: How the School Implements the Model,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, hal. 273–284, 2021, doi: 10.11591/ijere.v10i1.20765.
E. Richter dan D. Richter, “Measuring the quality of teacher professional development: A large-scale validation study of an 18-item instrument for daily use,” Stud. Educ. Eval., vol. 81, no. October 2023, hal. 101357, 2024, doi: 10.1016/j.stueduc.2024.101357.
A. Cucchiarelli, M. Panti, dan S. Valenti, “Web-Based Assessment in Student Learning,” Web-Based Learning and Teaching Technologies. IGI Global, hal. 175–197, 2000. doi: 10.4018/978-1-878289-60-5.ch011.
R. B. Suharta dan S. W. Septiarti, “Pengembangan perlindungan sosial kampung ramah anak di Kota Yogyakarta,” JPPM (Jurnal Pendidik. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 1, hal. 9–18, 2018, doi: 10.21831/jppm.v5i1.11313.
M. Limniou, T. Varga-Atkins, C. Hands, dan M. Elshamaa, “Learning, student digital capabilities and academic performance over the COVID-19 pandemic,” Educ. Sci., vol. 11, no. 7, 2021, doi: 10.3390/educsci11070361.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asriana Kibtiyah, Siti Rofi’ah, Khoirul Umam, Anggara Dwinata, Lina Arifah Fitriyah, Khoirotul Idawati, Hanifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.