EVALUASI LEMBAR KERJA MAHASISWA TERINTEGRASI STEM UNTUK MENILAI LITERASI SAINS MAHASISWA
Keywords:
lembar kerja mahasiswa (lkm), stem, literasi sainsAbstract
Literasi sains adalah kompetensi yang diperlukan untuk memahami konsep-konsep ilmiah serta memecahkan berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan inovasi dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) terintegrasi STEM terhadap literasi sains mahasiswa program studi Pendidikan IPA di Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) dalam materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan data dari 32 mahasiswa melalui uji coba LKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mencapai rata-rata nilai 85,38, dengan proporsi yang signifikan memperoleh skor tinggi, menandakan adanya potensi LKM untuk meningkatkan literasi sains setelah diterapkan. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala dalam penerapan LKM, termasuk variasi kemampuan awal mahasiswa dan tantangan dalam memahami konsep-konsep kompleks. Oleh karena itu, disarankan agar LKM terus dikembangkan dengan menambahkan lebih banyak contoh aplikasi nyata dan dukungan bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan, serta pemanfaatan teknologi untuk memperdalam pemahaman konsep. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan sains di UNHASY dan institusi lain yang sejenis dalam rangka melatih dan mengembangkan literasi sains mahasiswa.
Downloads
References
N. Nurhasanah, J. Jumadi, L. D. Herliandry, M. Zahra, and M. E. Suban, “Perkembangan Penelitian Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Indonesia,” Edusains, vol. 12, no. 1, pp. 38–46, 2020, doi: 10.15408/es.v12i1.14148.
D. Sartika, U. Kalsum, and A. A. Arsyad, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, p. 8, 2018, doi: 10.17509/wapfi.v3i2.13722.
Y. Yuliati, “Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.
R. Lubis, F. W. Ginting, M. Muliani, N. Novita, W. Widya, and M. Absa, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi,” Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, vol. 6, no. 2, p. 106, 2024, doi: 10.29103/relativitas.v6i2.14124.
M. Muliani, M. Marhami, and I. R. Lukman, “Persepsi Mahasiswa Calon Guru Tentang Literasi Sains,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.58258/jisip.v5i1.1575.
M. R. Tanjung, A. Asrizal, and U. Usmeldi, “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis STEM terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik: suatu Meta Analisis,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika UNP, vol. 8, no. 1, pp. 62–71, 2022, doi: 10.24036/jppf.v8i1.115860.
D. D. Fatmawati and N. Shofiyah, “Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering Mathematics Dengan Model Problem Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa,” EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, vol. 4, no. 2, pp. 89–99, 2022, doi: 10.29100/eduproxima.v4i2.2142.
H. Hermansyah, “Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 129–132, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i2.117.
R. W. Bybee, The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. in EBL-Schweitzer. National Science Teachers Association, 2013. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gfn4AAAAQBAJ
I. H. Mu’minah and I. Aripin, “Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad,” Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 8, no. 2, p. 28, 2019, doi: 10.35580/sainsmat82107172019.
A. Muttaqiin, “Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21,” Jurnal Pendidikan Mipa, vol. 13, no. 1, pp. 34–45, 2023, doi: 10.37630/jpm.v13i1.819.
OECD, PISA 2022 Results (Volume I), vol., no. in PISA. OECD, 2023. doi: 10.1787/53f23881-en.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roudhoutul Aulia Rochim, Lina Arifah Fitriyah, Noer Af’idah, Andri Wahyu Wijayadi, Fajrul Falah, Nur Kuswanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.