Pendampingan Pabrikasi Media Pembelajaran Komprehensif dalam Meningkatkan Pedagogik Guru SDN Tanjung Kabupaten Kediri
Keywords:
Pabrikasi, Media Pembelajaran, PedagogikAbstract
Pabrikasi media pembelajaran adalah sebuah usaha dalam proses mendesain dan memproduksi media pembelajaran secara komprehensif. Tingkat komprehensif terdiri dari tingkatan mata pelajaran penting yang diajarkan di sekolah dasar yang meliputi mata pelajara Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Tujuan dari kegiatan adalah meningkatkan pedagogic guru agar terampil dalam mendesain dan memproduksi media pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Tanjung, Kabupaten Kediri dengan obyek sasaran yaitu guru-guru di sekolah tersebut yang terdiri dari 16 orang. Tahapan kegiatan ini terdiri dari analisis situasi mitra, pengkajian pustaka dan penyusunan materi, sosialisasi, desain dan produksi, dan penggunaan media oleh guru di kelas. Hasil dari kegiatan ini yaitu guru merasa sangat terbantu dan senang dengan adanya pabrikasi media pembelajaran sebagai bentuk peningkatan pedagogik guru dalam mengajar kepada siswa di sekolah.
Downloads
References
T. B. Susanto, Efektivitas Pengelolaan Pendidikan. Indramayu: Penerbit Adab, 2023.
A. Akbar, “Pentingnya kompetensi pedagogik guru,” JPG J. Pendidik. Guru, vol. 2, no. 1, pp. 23–30, 2021, doi: https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.
A. Dwinata, A. R. As’ari, C. Sa’dijah, A. H. Abdullah, and E. Y. R. Pratiwi, “The Development of Food Production Teaching Materials For Class III Elementary School Students,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 7, no. 10, pp. 436–444, 2023.
C. Fazio, B. Di Paola, and O. R. Battaglia, “A Study on Science Teaching Efficacy Beliefs During Pre-Service Elementary Training,” Int. Electron. J. Elem. Educ., vol. 13, no. 1, pp. 89–105, 2020, doi: Retrieved from https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/1138.
P. Aprillia and E. Y. R. Pratiwi, “Media Development Apedu Educational Applications Based On Android In Force Material,” IJPSE Indones. J. Prim. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2022.
A. Dwinata, E. Y. R. Pratiwi, and M. Nuruddin, “The Effectiveness Of Brainstorming Method And Audio-Visual Media On The Learning Outcomes Of Elementary School Ips Students,” J. Cakrawala Pendas, vol. 9, no. 1, pp. 77–86, 2023, doi: https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3806.
A. Dwinata, M. Ahmad, L. S. Astutik, and N. Af’idah, “Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung,” J. Ilmu Pendidik. dan Sains Islam Interdisip., vol. 3, no. 2, pp. 50–58, 2024, doi: https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282.
I. Mustaqim, “Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36–48, 2017, doi: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.
E. Y. R. Pratiwi and A. Dwinata, “Prinsip Dasar Penyelengaraan Pendidikan dan Pohon Keilmuan Pendidikan Dasar,” J. Simki Pedagog., vol. 6, no. 2, pp. 297–306, 2023, doi: https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.224.
A. Supriyono, “Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar,” J. Pendidik., vol. 18, no. 2, pp. 1–12, 2017, doi: https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017.
N. Herliani, F. R. Maulana, and D. Wardana, “Pemanfaatan Media Digital sebagai Media Edukasi Anti Perundungan di SDN Lontar Baru Kota Serang,” J. Simki Pedagog., vol. 7, no. 2, pp. 540–553, 2024, doi: https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.810.
L. Magfiroh, R. Asmarani, and A. Dwinata, “Learning Media Development Komikita Based E-Comic Material Rights and Obligations in Class V,” IJPSE Indones. J. Prim. Sci. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 171–178, 2024, doi: https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emy Yunita Rahma Pratiwi, Anggara Dwinata, Muhammad Nuruddin, Hawwin Fitra Raharja, Claudya Zahrani Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.