ASWAJA (Ahlusunnah Wal Jama’ah) Sebagai Program Peningkatan Karakter Religius Siswa SD Islam Al Huda Kota Kediri

Authors

  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Negeri Surabaya
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Keywords:

ASWAJA, Karakter, Religius, Siswa

Abstract

ASWAJA (Ahlusunnah Wal Jama’ah) merupakan suatu paham para kaum Nahdlatul Ulama (NU) dengan karakteristik mengedepankan tiga ajaran pokok Islam, yaitu memahami fiqih, akidah, dan tasawuf. Di dalam konteks kependidikan, ASWAJA menjadi suatu program dalam meningkatkan karakter religius terhadap siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Huda Kota Kediri sebagai salah satu sekolah yang menerapkan program ASWAJA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan desain studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa program ASWAJA sangat relevan dalam menanamkan nilai karakter religius siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui kegiatan dalam program ASWAJA yang berprinsip tasamuh (toleransi), i’tidal (tegak lurus), dan tawazun (menjaga keseimbangan). Ketiga prinsip tersebut memiliki konkretisasi kegiatan yang sangat implementatif keagamaan yang rutin dilakukan dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Sehingga dapat ditarik konklusi bahwa program ASWAJA sangat cocok diterapkan di sekolah dasar dalam membangun karakter religius siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Impelentasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2021). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Pasuruhan: CV Penerbit Qiara Media.

Arifin, Djara, J. I., Riastini, P. N., Ndraha, L. D. M., & Nitiasih, P. K. (2024). Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia Dan Amerika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(4), 471–478. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1420

Cahyani, E. P. N., Dwinata, A., Adlina, N., & Pujiono, S. (2024). Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/discovery.v9i1.5728

Darwis, M. (2021). Nahdlatul Ulama dan Perannya dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah pada Masyarakat Plural. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 141–163. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1094

Dwinata, A. (2023). Manajemen Sekolah. Jombang: CV Ainun Press.

Dwinata, A., Ahmad, M., Astutik, L. S., & Af’idah, N. (2024). Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 3(2), 50–58. https://doi.org/https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282

Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592

Hilmy, M. (2019). Kepemimpinan Modern Berbasis Karakter Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 89–106. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.89-109

Liu, W., Su, T., Tian, L., & Huebner, E. S. (2021). Prosocial behavior and subjective well-being in school among elementary school students: The mediating roles of the satisfaction of relatedness needs at school and self-esteem. Applied Research in Quality of Life Journal, 16(4), 1439–1459. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11482-020-09826-1

Pandya, S. P. (2017). Spirituality and Values Education in Elementary School: Understanding Views of Teachers. Children & Schools Journal, 39(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/cs/cdw042

Ramdhani, M. Al. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Rosyidin, M. A. (2021). Nilai-Nilai Keaswajaan dalam Kritik KH. M. Hasyim Asy’ari terhadap Pemikiran Wahabi. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 206–225. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i2.185

Sadiah, E., Yanti, P. G., & Tarmini, W. (2024). Global Diversity Values in Indonesia: An Elementary School High-Grade Indonesian Language Textbook Analysis. International Electronic Journal of Elementary Education, 16 (3), 377–390. https://doi.org/https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/2207

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Utami, H. P. (2020). Dakwah Digital Nahdlatul Ulama Dalam Memahami Nilai-Nilai Aswaja An Nahdliyyah. Jurnal Mediakita :Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i2.2621

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Dwinata, A., Siswanto, M. B. E., Raharja, H. F., Kibtiyah, A., & Nuruddin, M. (2024). ASWAJA (Ahlusunnah Wal Jama’ah) Sebagai Program Peningkatan Karakter Religius Siswa SD Islam Al Huda Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 26–32. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7493