SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN SOSIAL BRANDING PETANI JAMUR TIRAM JOMBANG

Authors

  • Nur Muflihah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Fatma Ayu N.F. A Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Andhika Mayasari Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sumarsono Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Minto Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sulung Rahmawan W. G Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Totok Yulianto Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Social branding, oyster mushroom, digital marketing, social media

Abstract

Pemasaran jamur tiram di Jombang mengalami beberapa kendala seperti akses pasar yang terbatas dan kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital. Rendahnya pendapatan petani dan terbatasnya jangkauan produk di pasar yang lebih besar adalah akibat dari hal ini. Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk membantu produsen jamur tiram di Jombang menjadi lebih mahir dalam sosial branding dan pemasaran digital sehingga mereka dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan menjual lebih banyak produk mereka. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini meliputi pendekatan branding yang efektif, manajemen media sosial, strategi pemasaran digital, instruksi praktis, dan sesi bimbingan langsung. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa para petani menjadi lebih sadar akan pentingnya memiliki kehadiran digital dan menggunakan saluran online untuk pemasaran. Melalui pemasaran yang lebih efisien, pendekatan ini dapat membantu petani jamur tiram di Jombang menjadi lebih kompetitif di pasar online dan meningkatkan kesejahteraan finansial mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Kartika Sari, “Penerapan Digital Marketing Dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Umkm Di Wilayah Kampung Baru Jember,” Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), vol. 1, no. 1, pp. 8–12, 2021, doi: 10.31967/jpm.v1i1.427.

R. Diah Ayu et al., “PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK JAMUR DESA BABADSARI KOTA KEBUMEN,” 2024, doi: 10.56681/wikuacitya.v3i2.222.

C. M. Maulidina and L. Nafiati, “Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM,” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), vol. 5, no. 1, pp. 187–199, 2024, doi: 10.33474/jp2m.v5i1.21506.

A. Nugraha, E. Alfauzi, Y. N. Akbari, and I. Sujai, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Jamur Tiram Berbasis Digital Marketing di Desa Imbanagara Community Empowerment Through Oyster Mushroom Cultivation Based On Digital Marketing in Imbanagara Village,” 2024, doi: 10.62951/inovasisosial.v1i3.387.

Riyanto, M. Nur, L. Azis, and A. R. Putera, “Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Nur Muflihah, A, F. A. N., Mayasari, A., Sumarsono, Minto, G, S. R. W., & Yulianto, T. (2024). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN SOSIAL BRANDING PETANI JAMUR TIRAM JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 214–219. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/7483