SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN SOSIAL BRANDING PETANI JAMUR TIRAM JOMBANG
Keywords:
Social branding, oyster mushroom, digital marketing, social mediaAbstract
Pemasaran jamur tiram di Jombang mengalami beberapa kendala seperti akses pasar yang terbatas dan kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital. Rendahnya pendapatan petani dan terbatasnya jangkauan produk di pasar yang lebih besar adalah akibat dari hal ini. Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk membantu produsen jamur tiram di Jombang menjadi lebih mahir dalam sosial branding dan pemasaran digital sehingga mereka dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan menjual lebih banyak produk mereka. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini meliputi pendekatan branding yang efektif, manajemen media sosial, strategi pemasaran digital, instruksi praktis, dan sesi bimbingan langsung. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa para petani menjadi lebih sadar akan pentingnya memiliki kehadiran digital dan menggunakan saluran online untuk pemasaran. Melalui pemasaran yang lebih efisien, pendekatan ini dapat membantu petani jamur tiram di Jombang menjadi lebih kompetitif di pasar online dan meningkatkan kesejahteraan finansial mereka.
Downloads
References
N. Kartika Sari, “Penerapan Digital Marketing Dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Umkm Di Wilayah Kampung Baru Jember,” Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm), vol. 1, no. 1, pp. 8–12, 2021, doi: 10.31967/jpm.v1i1.427.
R. Diah Ayu et al., “PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK JAMUR DESA BABADSARI KOTA KEBUMEN,” 2024, doi: 10.56681/wikuacitya.v3i2.222.
C. M. Maulidina and L. Nafiati, “Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM,” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), vol. 5, no. 1, pp. 187–199, 2024, doi: 10.33474/jp2m.v5i1.21506.
A. Nugraha, E. Alfauzi, Y. N. Akbari, and I. Sujai, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Jamur Tiram Berbasis Digital Marketing di Desa Imbanagara Community Empowerment Through Oyster Mushroom Cultivation Based On Digital Marketing in Imbanagara Village,” 2024, doi: 10.62951/inovasisosial.v1i3.387.
Riyanto, M. Nur, L. Azis, and A. R. Putera, “Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Muflihah, Fatma Ayu N.F. A, Andhika Mayasari, Sumarsono, Minto, Sulung Rahmawan W. G, Totok Yulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.